Mukti, Sumarsono, Iqbal Gayuh Raharjaning (2016) Analisis Keandalan Struktur Padeye Berdasarkan Konfigurasi Rigging Pada Lifting Upper Deck Modul Modec Dengan Pendekatan Dinamik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4312100080-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
4312100080-Paper.pdf - Accepted Version Download (952kB) | Preview |
Preview |
Text
4312100080-Presentation.pdf - Presentation Download (1MB) | Preview |
Abstract
Di dalam perusahaan yang bergerak dalam bidang fabrikasi, lifting merupakan salah satu
tahapan terpenting dalam membangun bangunan lepas pantai sehingga diperlukan
perhitungan dan analisis tambahan untuk memperhatikan apakah struktur tersebut aman
ataupun tidak. Sekenario lifting berdasarkan konfigurasi rigging dapat dibuat untuk
menentukan rigging equipment yang tepat. Pada kasus ini, struktur yang di-lifting adalah
struktur upper deck dari modul MODEC yang dikerjakan oleh PT. GPS Batam. Deck ini
memiliki panjang sekitar 19,5 m dan lebar 9 m. Berat total struktur dengan equipment
sebesar 55 ton. Konfigurasi rigging yang akan digunakan ada tiga, yaitu Model A (tanpa
spreader bar), Model B (satu spreader bar), dan Model C (dua spreader bar). Dari ketiga
konfigurasi tersebut akan diperoleh dimensi padeye yang berbeda- beda. Model A, Model
B, dan Model C memiliki diameter hole padeye masing-masing sebesar 74 mm, 65 mm,
dan 52 mm. Tegangan dan UC tertinggi sama- sama terjadi pada Model A sebesar
17625,99 psi dan untuk UC sebesar 0,52. Tetapi hal ini berbanding terbalik apabila
ditinjau dari daerah lubang. Tegangan ataupun UC yang lebih tinggi jatuh pada Model C
yang menggunakan dua spreader bar sebesar 13936,58 psi dan nilai UC sebesar 0,45.
Tegangan yang terjadi di attachments maupun sekitar hole dijadikan variabel dalam
mencari keandalan yang terjadi pada tiap padeye dengan metode Mean value first order
second moment (MVFOSM). Sehingga didapatkan Probality of Failure (PoF) pada
attachments padeye pada Model A, B, dan C masing- masing sebesar 0,126%, 0,064 %,
dan 0,0001 %. Sedangkan PoF pada hole padeye sebesar 0,062% untuk Model A, 0,10 %
untuk Model B, dan 0,23% untuk Model C.
==========================================================================================================
In the fabrication companies and industry, lifting is one of the most important stages
during construction and installation of offshore building. It's necessary to understand its
calculations and additional analysis to consider whether the lifting process is safe or
unsafe. Lifting scenarios based on rigging configuration can be determined the correct
rigging equipments. In this case, the object lifting is the upper deck of a module structure
MODEC that carried out by PT. GPS Batam. This deck has length of 19.5 m and width of
9 m. The total weight of the structure with equipment amounting to 55 tons. There are
three of rigging configuration: Model A (without spreader bars), Model B (one spreader
bar), and Model C (two spreader bars). Those models will affect the padeye dimension
calcutaions. Model A, Model B and Model C has a hole diameter padeye each at 74 mm,
65 mm and 52 mm. The highest stress and UC occur in the Model A at 17625.99 psi and
for UC 0,52. But it is inversely when viewed from the pedeye's hole. Either the
higher UC or stress occur in the Model C, using two spreader bars, has stress value of
13936.58 psi and UC value of 0.45. The stress that occurs in the attachments or near the
hole to determine each padeye reliability using Mean Value First Order Second Moment
(MVFOSM). So we get probality of Failure (PoF) value on attachments padeye in Model
A, B, and C, respectively at 0.126%, 0.064% and 0.0001%. While PoF value on padeye
hole of 0.062% for the Model A, 0.10% for the Model B, and 0.23% for Model C.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 623.862 Sum a 3100017068495 |
Uncontrolled Keywords: | keandalan, lifting, MVFOSM, padeye, PoF, rigging, lifting, MVFOSM, padeye, PoF, reliability, rigging |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169 Reliability (Engineering) T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 08:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 08:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75421 |
Actions (login required)
View Item |