Evaluasi Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin Dalam Memfasilitasi Pertumbuhan Pergerakan Pesawat

Ocherudy, Muhammad Habid (2016) Evaluasi Fasilitas Sisi Udara Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin Dalam Memfasilitasi Pertumbuhan Pergerakan Pesawat. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114105056-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114105056-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin mengalami
peningkatan kebutuhan akan angkutan udara setiap tahunnya,
dimana peningkatan tersebut mengakibatkan penurunan
kemampuan fasilitas sisi udara dalam memfasilitasi pertumbuhan
pergerakan pesawat.Sehingga perludilakukansalah satu
pengkajian pengembangan fasilitas sisi udaraBandar udara
Syamsudin Noor Banjarmasin, dimana yang direncanakan
pengembangan ialah fasilitas landas pacu, landas hubung, landas
hubung keluar dan landas parkir sesuai Rencana Induk Nasional
Bandar Udara Syamsudin Noor pada tahun 2011.
Dalam rencana pengembangan fasilitas sisi udara
digunakan masa peramalan 5 tahun ke depan tahun 2020
sebagai dasar pengembangan fasilitas tersebut.Sehingga
dapat merencanakan pengembangan fasilitas sisi udara
menggunakan metode FAA (Federal Aviation
Administration) baik perhitungan geometrik maupun tebal
perkerasan dengan program bantu software FAARFIELD.
Perkerasan yang akan direncanakan menggunakan
perkerasan lentur adalah landas pacu dan landas hubung.ii
Sedangkan jenis perkerasan menggunakan perkerasan kaku
adalah landas parkir dan landas pacu apabila jenis
perkerasan lentur tidak memenuhi kriteria.
Dari hasil perhitungan didapatkan, geometrik landas
pacu sebesar 3.000 m x 45 m dengan tebal perkerasan
lentur pada area penambahan panjang 500 m sebesar 740
mm dengan metode FAA, penambahan letak landas hubung
keluar pada STA 2+100 dan 3+000, lebar landas hubung
sebesar 25 m dengan tebal perkerasan lentur sebesar 730
mm, dan landas parkir dikembangkan menjadi 336 m x
154,8 m dengan tebal perkerasan kaku sebesar 560 mm
==========================================================================================================
Syamsudin Noor airport, Banjarmasin increased demand of
air transport every year where the increased resultedin a
decreased ability of airside facilities in facilitating the growth of
aircraft movements. So that the assessment is necessary as the air
side facilities development efforts Syamsudin Noor Airport,
Banjarmasin,which include the development of facilities planning
runways, taxiway, exit taxiway and apron appropriate National
master plan Syamsudin Noor Airport in 2011.
The development plan of the airside facilities is projected to
year 2020 as the basis for the development of the facility. The
development of airside facilities is using methods of the FAA
(Federal Aviation Administration) for geometric design and
software program for pavement FAARFIELD. The pavement type
flexible pavement is runway and taxiway. While this type of
pavement using rigid pavement is parking and apron when the
type of flexible pavement not qualified.
The results showed that the runway need a second runway
based on the wind analysis. The geometry of runway is 3000 m
for long and 45 wide. The thickness of runway and txiway are 740
mm and 730 mm. The air traffic also need development for itsiv
apron. The size of the apron 336 m x 154.8 m with a rigid
pavement thickness of 560 mm

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 725.39 Och e
Uncontrolled Keywords: Fasilitas,Sisi Udara, Landas Pacu, Landas Hubung, Landas Hubung Keluar, Landas Parkir, Perkerasan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:13
Last Modified: 09 May 2020 05:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75440

Actions (login required)

View Item View Item