Analisa Risiko Tubrukan dengan Pemodelan Traffic-Conflict menggunakan Data AIS Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya Putu Sadhvi Sita (4212 100 116)

Sita, Putu Sadhvi (2016) Analisa Risiko Tubrukan dengan Pemodelan Traffic-Conflict menggunakan Data AIS Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya Putu Sadhvi Sita (4212 100 116). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212100116-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alur Pelayaran Barat Surabaya adalah alur yang terletak di Selat Madura dengan panjang 25 mil, lebar 100 m dan kedalaman 9.5m yang terletak diantara Jawa Timur dan Pulau Madura. Alur pelayaran ini merupakan alur akses yang penting untuk Pelabuhan Tanjung Perak. Namun, alur ini sering dianggap sebagai salah satu rute alur yang paling berbahaya untuk navigasi kapal. Salh satu titik yang berbahaya di alur ini terdapat di pintu masuk alur pelayaran ini atau diantara buoy No. 8 hingga No.11. Dengan menggunakan pemodelan traffic- conflict sebagai salah satu bentuk pemodelan untuk keselamatan navigasi, diharapkan metode tersebut dapat memberikan hasil yang lebih baik dari analisis risiko tabrakan konvensional dengan menganalisa interaksi lalu lintas untuk mengevaluasi dan mengkompensasi segala bentuk potensi sumber bahaya keamanan di Alur Pelayaran Barat Surabaya. Pengumpulan data akan diperoleh melalui AIS (Automatic Identification System) yang terletak di Laboratorium Keandalan dan Keselamatan, ITS Surabaya. Perhitungan risiko tabrakan akan dilakukan melalui pemodelan traffic- conflict yang mengandalkan kecepatan, lintasan dan jarak dari setiap kapal—yang menghasilkan nilai DCPA dan TCPA dari setiap pertemuan crossing dari masing- masing skenario rute kapa. Hasil nilai DCPA dan TCPA ini nantinya akan digunakan untuk menganalisa nilai ambang batas risiko dari setiap skenario dan memberikan kita gambaran umum dari tingkat risiko di setiap pertemuan dan wilayah diAlur Pelayaran Barat Surabaya, yang terbagi menjadi 5 kategori tingkat risiko yaitu tingkat risiko aman dalam kisaran nilai 0-0,4, tingkat risiko rendah di kisaran nilai 0,2-0,6, tingkat risiko menengah di kisaran nilai 0,4-0,8, tingkat risiko tinggi dalam kisaran nilai 0,6-1,0 dan tingkat risiko yang sangat tinggi dalam kisaran nilai 0,8-1,0. Output dari perhitungan tingkat risiko ini nantinya akan dimasukkan ke dalam website AIS secara online =============================================================================================Surabaya West Access Channel is a channel located in Madura Strait with 25 mile long, 100m wide and 9.5m deep between East Java and Madura Island. The access channel in Madura Strait is an essential access to Port of Tanjung Perak. However, the channel is often considered as one of the most dangerous routes for navigation. The most critical black spot lies at the entrance of the channel or between the buoys of No. 8 to No.11. Using traffic conflict model as a safety Model approach, it is expected to give us a better result of collision risk analysis which is in a form of systematic method by analyzing traffic interactions for evaluating and compensating any potential sources of safety hazards in Surabaya West Access Channel. The data collecting will be gained through AIS (Automatic Identification System) located in Reliability and Safety Laboratory, ITS Surabaya. The calculation of collision risk will be done through traffic-conflict modelthat relies on the speed, course and distance of the objects—whichresulting DCPA and TCPA value from each crossing encounter of each vessel route scenarios. The result of DCPA and TCPA will later be used for analyzing the λ (threshold) of every scenario and giving us the general picture of risk level in each encounter and area in Surabaya West Access Channel, which is divided into 5 categories of risk level such as Safe Risk level in the value range of λ from 0 – 0.4, Low Risk level in the value range of λ from 0.2-0.6, Medium Risk level in the value range of λ from 0.4-0.8, High Risk level in the value range of λ from 0.6-1.0 and Very High Risk level in the value range of λ from 0.8-1.0. The output of this risk level calculation will later be inputted into a source code for AIS online web.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.893 Sit c
Uncontrolled Keywords: AIS, DCPA & TCPA, Pemodelan traffic-conflict, Risiko Tubrukan, Surabaya West Access Channel
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:33
Last Modified: 19 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75505

Actions (login required)

View Item View Item