Perencanaan Simulasi Pengaturan Pembangkitan Dayapada Kapal Fast Patrol Boat 60 M Dengan Propulsi Hybrid

Muzakki, Fikri Nuruddin (2016) Perencanaan Simulasi Pengaturan Pembangkitan Dayapada Kapal Fast Patrol Boat 60 M Dengan Propulsi Hybrid. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100072-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100072-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan berbagai
inovasi baru termasuk dalam hal propulsi kapal.
Perkembangan tersebut antara lain adalah desain-desain
baru mengenai sistem propulsi hybrid yang memberikan
berbagai keuntungan untuk pengoperasian kapal. Seperti
pertimbangan konsumsi bahan bakar yang rendah,
pengaturan kecepatan dengan penggunaan propulsi yang
optimal ataupun khusus untuk jenis kapal tertentu. Salah
satu contohnya sistem boosting untuk menambah daya
yang dihasilkan pada ruangan konstruksi propulsi yang
terbatas. Tentunya sistem propulsi hybrid memiliki
kelamahan pula, salah satunya adalah pengaturan
pembangkitan daya yang kompleks dibandingkan
dengan system propulsi lain.
Setiap kecepatan akan membutuhkan daya yang
berbeda dan bahan bakar yang berbeda pula. Keputusan
yang kurang tepat dapat mengurangi keunggulan dari
pemasangan sistem propulsi hybrid. Oleh karena itu
dibutuhkan Decision Support System untuk membantu
nahkoda menentukan pengaturan propulsi yang optimal
pada kecepatan yang diinginkan dan pada kondisi yang
ada pada perairan yang dilalui. Adanya Decision Support
System akan memberikan informasi kepada nahkoda
dengan menunjukkan sistem propulsi yang tersedia
dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang diperlukan,

viii

sehingga nahkoda dapat memilih propulsi yang optimal
dengan konsumsi bahan bakar yang minimum, dan
dengan jumlah daya yang diperlukan untuk
pengoperaian tersebut.
Penggunaan Decision Support System pada kapal
fast Patrol Boat 60 m ini menujukkan pemakaian terbaik
pada kepatan 20 knot dengan menggunakan sistem Shaft
Generator pada daya 1181 kW disertai pengoperasian
genset pada daya 0 kW dengan putaran mesin 1334 rpm
dan jumlah pemakaian bahan bakar 482,99 kg perjam
===========================================================================================Development of Technology give a lot of new
innovation including the term of ships propulsion.
Particularly new designs of hybrid propulsion system
which give any advantage for ships operation, such as
low fuel oil consumptions, speed control with optimum
operation of propulsion system or ship with particular
purpose, for example with boosting system for
increasing power generation with limited space for
construction of propulsion system. Of course Hybrid
propulsion system have a disadvantage, such as a very
complex power generating arrangement than any other
propulsion system.
In every operation speed will need a different
power supply and fuel oil consumption also different,
inaccurate decision will lead to decrease the advantage
of hybrid propulsion system itself, so decision support
system is needed for help master to choose propulsion
system that have optimal thrust for minimum fuel oil
consumption, with torque and rotation speed of engine in
very right operation.
Utilization of Decision Support system for Fast
Patrol Boat 60 m will show every possible propulsion
system that available at that very speed and sail
condition to choose the best possible system such as, for
vessel speed at 20 knot will use Shaft Generator
propulsion system at 0 kW power with Generator setoperation at 1131 kW and 1334 rpm engine rotation and
fuel oil consumption 482,99 kg per hour

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 6 Muz p
Uncontrolled Keywords: Decision Support System, Fast Patrol Boat 60 m, Hybrid Propulsion System.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2797 Motor-generator sets. Cascade
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:00
Last Modified: 19 Mar 2020 03:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75507

Actions (login required)

View Item View Item