Optimalisasi Faktor Daya Pada Sistem Container Crane Di Pelabuhan Nilam

Wicaksono, Himawan (2016) Optimalisasi Faktor Daya Pada Sistem Container Crane Di Pelabuhan Nilam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212100052-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada proses bongkar muat penggunaan container crane disuplai daya dari PLN maupun generator yang disediakan oleh pihak pelabuhan. Dalam operasional crane sendiri membutuhkan beberapa peralatan motor listrik. Umumnya motor yang digunakan untuk industri beroperasi mendekati beban penuh, jika beban turun dibawah beban tertentu maka efisiensi turun dengan cepat. Motor beroperasi dibawah laju beban rendah memiliki dampak pada faktor daya yang rendah. Salah satu alternatif untuk memperbaiki kondisi ini adalah dengan cara pemasangan kapasitor. Dengan simulasi motor acceleration analysis pada ETAP terdapat penurunan nilai faktor daya dan meningkatnya arus pada Motor Hoist sebesar (33.3%) dan 1821.7 Ampere. Kondisi seperti ini berakibat sangat buruk terhadap lifetime motor hoist. Setelah didapatkan nilai kapasitor berdasarkan perhitungan sebesar 696.74 KVAR untuk memperbaiki faktor daya pada motor hoist, selanjutnya dilakukan pengoptimalan penempatan kapasitor. Hasil pengoptimalan dengan simulasi ETAP menunjukkan bahwa lokasi optimal adalah pada Bus 2. Dengan penambahan kapasitor, nilai faktor daya meningkat hingga (82.8%) ============================================================================================In the process of loading and unloading, container cranes use the power supplied from the power and generators supplied by the port. The crane operation itself requires some electric motors equipments. Generally, industrial motors operates from close to full load. If the load drops below a certain load, the efficiency decreases rapidly. The motor operating under a low load rate has an impact on a low power factor. One alternative to improve this condition is by mounting the capacitor. With the acceleration of motor simulation analysis on ETAP, there is an impairment of the power factor and the increasing flow of the Motor Hoist by (33.3%) and 1725.7 Ampere. This condition will cause serious harm to the lifetime of the motor hoist. After obtaining a value of 696.74 KVAR in capacitors to improve the power factor on the motor hoist, there are needs to optimize capacitor placement is at bus number 2 through transformer number 1. With the addition of capacitors, power factor value increased to (82.8%)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.873 Wic o
Uncontrolled Keywords: Container Crane, ETAP, faktor daya, kapasitor.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:34
Last Modified: 19 Mar 2020 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75508

Actions (login required)

View Item View Item