Lng Supply Chain Dan Kajian Teknis Ekonomis Dari Kilang Makassar Menuju Pembangkit Indonesia Bagian Tengah Dengan Pendekatan Simulasi Diskrit

Widodo, Renna Widiastiti (2016) Lng Supply Chain Dan Kajian Teknis Ekonomis Dari Kilang Makassar Menuju Pembangkit Indonesia Bagian Tengah Dengan Pendekatan Simulasi Diskrit. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100044_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100044_Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia kebutuhan energi pada umumnya
adalah selalu bertambah pada setiap tahunnya, terbukti dari
data RUPTL bahwa peningkatan kebutuhan listrik di
Indonesia berada pada rata-rata 8,6% setiap tahunnya dan
juga adanya program kerja pemerintah yaitu program
pembangkit Listrik 35000 MW . Maka dari itu perlu adanya
solusi alternatif untuk memenuhi peningkatan kebutuhan
listrik tersebut. PT.PLN (Persero) telah mengantisipasi
peningkatan kebutuhan listrik di Indonesia khususnya
Indonesia Bagian Tengah dengan memastikan ketersediaan
bahan bakar untuk pembangkit listrik melalui cara mengganti
bahan bakar minyak menjadi LNG.
Pada tugas akhir ini membahas tentang pemanfaatan LNG
untuk memenuhi bahan bakar pembangkit listrik di Indonesia
Bagian Tengah dengan menentukan pola distribusi yang
cocok, data fasilitas apa saja yang harus disediakan dan
dibangun beserta kajian keekonomiannya. Lokasi sumber
kilang adalah berada di Makassar dengan jenis kilang LNG
terapung atau Floating Storage Unit (FSU) yang mensuplai 5
region yang terdiri dari 12 terminal penerima yang tersebar
pada seluruh region. Pada studi ini menggunakan kapal LNG
dengan kapasitas 6.000 m3, 10.000 m3, 12.000 m3 dan 20.000
m3
sebagai sarana distribusi LNG dari kilang LNG Makassar
menuju terminal penerima. Untuk region 1 disuplai

x

menggunakan 1 kapal dengan kapasitas 10.000 m3, untuk
region 2 disuplai dengan kapal kapasitas 6.000 m3, region 3
disuplai dengan kapal kapasitas 10.000 m3

, region 4 disuplai
dengan kapal kapasitas 6.000 m3, region 5 disuplai dengan
kapal kapasitas 10.000 m3. Total biaya investasi dari biaya
investasi pembangunan fasilitas terminal penerima adalah US
$ 144,443,200 dan total biaya operasional sebesar US$ 63,942,520.12/
tahun. Kamudian untuk hasil kajian ekonomis menunjukan bahwa
margin harga penjualan yang paling optimal adalah US $2,2- US $
3 dengan rentang payback period 3,4 -6,3 tahun untuk
penghitungan NPV selama 20 tahun
===========================================================================================Energy demands in Indonesia are generally
increasing every year, it is proved from the RUPTL data that
shows the demand of electricity in Indonesia has increased
about 8.6% annually and from the government's work
program to generate 35000 MW of electricity. Therefore it
needs alternative solutions to meet the increasing needs of
electricity. PT PLN (Persero) has anticipated on increasing
demand of electricity in Indonesia, especially in Central Part
of Indonesian , to ensure the availability of fuel for generating
electricity through how to replace the fuel oil into LNG. This
study discusses about the use of LNG to meet fuel power
plants in Central Part of Indonesia to determine the matching
of distribution pattern, what data facilities should be provided
and constructed together with the study of economics.
Location of source refinery is located in Makassar with the
type floating LNG storage or can named by Floating Storage
Unit (FSU) which supplies 5 regions that consist of 12
receiving terminals which are scattered throughout the region.
This study discusses about the using of LNG ships with
capacity of 6,000 m3

, 10,000 m3, 12,000 m3 and 20,000 m3 as
a means of LNG distribution from Makassar LNG terminal.
For region 1 is supplied by using one vessel with capacity of
10,000 m3, for region 2 is supplied by vessel with capacity of
6,000 m3, region 3 is supplied by vessel that has capacity of
10,000 m3
, region 4 is supplied by vessel with capacity of

xii

6,000 m3, region 5 is supplied by vessel with capacity of
10,000 m3. The total investment cost of the construction
investments of receiving terminal facilities is US $
144,443,200 and the total operating costs is US $
63,942,520.12 / year. Thereafter for economical study results
has showed that the most optimal sale price margin is US $
2,2- US $ 3 with range of 3.4 -6.3 year payback period for the
calculation of NPV in 20 years

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.850 3 Wid l
Uncontrolled Keywords: LNG Supply Chain, Simulasi Distribusi LNG, Kajian Ekonomis, ARENA.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology > TP350 Natural gas--Drying.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:31
Last Modified: 19 Mar 2020 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75511

Actions (login required)

View Item View Item