Modifikasi Desain Jembatan Lasape Di Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan Dengan Struktur Busur Rangka Baja

Fakhruddin B, Mahmud (2016) Modifikasi Desain Jembatan Lasape Di Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan Dengan Struktur Busur Rangka Baja. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3115040503-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3115040503-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada desain awal, jembatan didesain dengan bentang
total 138,2 meter dan lebar 11 meter dengan struktur pondasi
memakai bored pile. Pada tugas akhir ini Jembatan Lasape
dimodifikasi dengan menggunakan struktur baja. Karena
tergolong jembatan bentang panjang maka dapat menggunakan
sistem busur rangka baja. Kelebihan dari jembatan struktur
busur baja yaitu dapat mengalihkan beban yang diterima lantai
kendaraan jembatan menuju abutment yang menjaga kedua sisi
jembatan agar tidak bergerak ke samping ketika menahan beban
akibat berat sendiri dan beban lalu lintas. Setiap bagian
pelengkung menerima gaya tekan sehingga jembatan pelengkung
harus terdiri dari material yang tahan terhadap gaya tekan.ii
Peraturan pembebanan yang dipakai untuk
merencanakan jembatan ini mengacu pada Standar Nasional
Indonesia (SNI) dan Bridge Design Manual Bridge Management
System (BMS). 1992 yang merupakan pedoman peraturan untuk
merencanakan sebuah jembatan. Adanya peraturan pembebanan
dimaksudkan untuk memberikan saran dalam perencanaan
jembatan yang dapat menjamin tingkat keamanan, dan tingkat
penghematan yang dapat diterima struktur jembatan. Sedangkan
perencanaan struktur atas jembatan mengacu pada pereturan
AISC – LRFD.
Tahap awal perencanaan yaitu dengan memodifikasi
jembatan dengan bentang 140 m dengan sistem lalu lintas 2 lajur
2 arah dengan lebar total 11 m tanpa median. Dengan desain
untuk trotoar direncanakan selebar 2 x 1,55 m sepanjang
jembatan. Jembatan didisain dengan pelat lantai kendaraan,
trotoar, gelagar memanjang dan melintang serta konstruksi
pemikul rangka utama yaitu busur rangka baja. Analisa dengan
menggunakan program SAP 2000 dilakukan setelah diketahui
beban – beban yang bekerja pada konstruksi tersebut untuk
mendapatkan gaya – gaya dalam yang bekerja, khususnya untuk
konstruksi pemikul utama dan konstruksi sekundernya. Kemudian
dilakukan kontrol tegangan dan perhitungan sambungan
======================================================================================================
At the previous design, the bridge was designed with 138,2
meters of total length and 11 meters of width with fondation
structure used bored pile. In this Final Project Lasape bridge is
modified uses steel framework. Becouse of the length of the
bridge classified to long length so we can use steel arc framework
system. The excellence of the bridge with steel arc framework is
be able to move the load which is recieved by bridge’s vihicle
floor to abutment which keep both bridge sides in order to do not
move to the edge when holding load becouse of dead load and
traffic load. Every segmen recieves pressure force makes the
bridge must be made from material that be able to hold pressure
force.
The load adjustments is used to design this bridge is from
Indonesian National Standard dan Bridge Design Manual Bridgeii
Management System (BMS). 1992 which is adjustments reference
to design a bridge. This loading adjustments uses for any advices
to design which can ensure security and economical level that
can holded by bridge’s structure. Meanwhile the design of the top
of the bridge is using AISC – LRFD.
The beginning fo the design is modifying the bridge with
140 m length and traffic system 2 row 2 direction with total width
11 m without median. And the design of sidewalk is designed 2 x
1,55 m as long as bridge’s length. The bridge is designed with
plate vihicle floor, sidewalk, long and across beam and mean
framework holding construction is steel arc framework. Analysis
with SAP 2000 after knowing the loads at the construction to get
the forces, particularly the mean and secondary framework
construction. Than control the trains and connectian calculation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.22 Mah m-1
Uncontrolled Keywords: Jembatan busur rangka baja
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 23 Mar 2020 04:15
Last Modified: 23 Mar 2020 04:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75528

Actions (login required)

View Item View Item