Studi Perbandingan Ekonomi Penggunaan Boil-Off Gas (Bog) Pada Lng Carrier Dengan Dual Fuel Diesel Engine (Dfde) Dan Steam Turbine

Wahyuni, Putu Krishna (2016) Studi Perbandingan Ekonomi Penggunaan Boil-Off Gas (Bog) Pada Lng Carrier Dengan Dual Fuel Diesel Engine (Dfde) Dan Steam Turbine. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100147-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100147-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada kapal pengangkut LNG, terbentuknya BOG tidak dapat
dihindari sebagai akibat dari panas yang masuk dari luar tangki
LNG itu sendiri. Agar kenaikan tekanan di dalam tangki LNG
akibat terbentuknya BOG ini dapat dijaga, maka salah satu
alternative yang dimungkinkan adalah dengan memanfaatkan
BOG tersebut sebagai bahan bakar system penggerak pada kapal.

BOG ini dihasilkan sendiri oleh kapal LNG dengan jumlah rata-
rata 0,15% dari kapasitas tangki ruang muat per hari (Artana, Ketut

Buda; Soegiono, 2015).
Dalam analisa perbandingan penggunaan BOG untuk Dual Fuel
Diesel Engie (DFDE) dan Steam Turbine ini sangat diperlukan
analisa perbandingan dari segi ekonomi. Perbandingan dilakukan
pada berbagai skenario dengan mode pelayaran yang berbeda.
Untuk initial cost didapatkan bahwa skenario 14 merupakan
skenario dengan investasi mesin penggerak yang terbaik yaitu
$14.545,068,33 dengan Steam Turbine sebagai mesin penggerak
utamanya. Perbandingan dilakukan dengan membandingkan
seluruh biaya dari initial cost, operational cost, dan maintenance
cost yang akan terakumulasi dari tahun ke tahun selama 20 tahun.
Berdasarkan perbandingan tersebut diketahui bahwa kapal
Tangguh Batur dengan Skenario 4 dan mode pelayaran Tangguh
Jaya memiliki nilai yang paling rendah, yaitu $63.396.779,87 di
tahun ke-20 tanpa memerlukan FBOR
====================================================================================================The LNG carrier vessels, BOG formation can’t be avoided as a
result of heat coming from the outside of the LNG tank. In order to
maintained the increasing pressure due to the BOG formation, the
one of the possible alternative is by using BOG as a fuel for ship
propulsion system. BOG it self generated by LNG vessels with an
average value of 0.15% from cargo tank capacity a day. (Artana,
Ketut Buda; Soegiono, 2015)
In a comparative analysis of BOG use for Dual Fuel Diesel Engine
(DFDE) and Steam Turbine, comparative analysis from economic
sector is needed for further results. Comparisons carried out at
various scenario with a different mode of voyage. For initial cost
value, found that scenario number 14 is the best scenario with an
engine investment value of $14.545.068,33 by using Steam
Turbine as the main ship propulsion. Comparison is to be done by
comparing total cost of initial cost, operational cost, and
maintenance cost which will be accumulated for the next 20 years.
Based on this comparison can be obtained that Tangguh Batur
vessel with scenario 4 and Tangguh Jaya vessel voyage mode has
lowest value by $63.396.779,87 in 20th year without requiring
FBOR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.824 5 Wah s
Uncontrolled Keywords: Dual Fuel, LNG, BOG, Steam Turbine.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > Marine gas-turbines
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ778 Gas turbines
T Technology > TP Chemical technology > TP343 Liquid and gaseous fuel
T Technology > TP Chemical technology > TP350 Natural gas--Drying.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36001-(S3) PhD Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 25 Mar 2020 04:06
Last Modified: 25 Mar 2020 04:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75548

Actions (login required)

View Item View Item