Faisal, Akram (2016) Analisa Teknis & Ekonomis Pemakaian Sistem Organic Rankine Cycle (Orc) Menggunakan Sumber Suhu Rendah & Cairan Refrigeran Sebagai Fluida Kerja Untuk Pembangkit Listrik Di Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
4212101018-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Saat ini, sektor pelayaran memiliki pertumbuhan yang pesat
diikuti dengan meningkatnya populasi penduduk dunia dan
banyaknya permintaan transportasi umum melalui laut. Masalah
ini memerlukan perhatian yang besar pada segi polusi, efisiensi
energi dan konsumsi bahan bakar di kapal. Waste heat Recovery
(WHR) adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang
telah disebutkan dan salah satu metode WHR adalah dengan
memasangkan sistem Organic Rankine Cycle (ORC) pada sebuah
sistem di kapal. ORC dapat mengkonversi dan mengeksploitasi
limbah panas pada suhu yang rendah. Dalam Skripsi kali ini,
sumber utama panas yang akan dimanfaatkan diperoleh dari kapal
MV. Tanto Tenang pada sistem pendingin mesin dan
menggunakan R-134a sebagai refrigeran. Peralatan utama terdiri
dari evaporator, kondensor, pompa dan turbin uap untuk
menghasilkan listrik. Tujuan utama dari skripsi ini adalah untuk
mengukur estimasi daya listrik yang dapat dihasilkan pada
skenario beban dari mesin utama kapal, merancang desain sistem
ORC dan memperoleh analisa ekonomi waktu terjadinya titik
impas dengan menginstal sistem ORC antara penghematan bahan
bakar (keuntungan yang diperoleh) dengan biaya peralatan ORC
(pengeluaran). Sebagai hasil akhir dari analisis, sistem ORC dapat
diaktifkan antara 77,5% - 100% beban mesin utama dan mampu
menghasilkan daya listrik rata-rata 57,69 kW. Dari analisis
ekonomi, titik impas terjadi pada tahun ke-10 ketika
membandingkan antara penghematan bahan bakar minyak (profit)
dan biaya peralatan ORC (pengeluaran)
===================================================================================================Nowadays, the shipping sector has growth rapidly as
followed by the increasing of world population and the demands
for public transportation via sea. This issue entails the large
attention on emission, energy efficiency and fuel consumption on
the ship. Waste Heat Recovery (WHR) is one of the solution to
overcome the mentioned issue and one of the WHR method is by
installing Organic Rankine Cycle (ORC) system in ship. ORC
demonstrate to recover and exploit the low temperature waste heat
rejected by the ship power generation plant. In this bachelor thesis
the main source of heat to be utilized is obtained from container
(7900 kW BHP, DWT 10969 mt) ship jacket water cooling system
and use R-134a as a refrigerant. The main equipment consists of
evaporator, condenser, pump and steam turbine to generate the
electricity. The main objective of this bachelor thesis is to
quantifying the estimation of electrical power which can be
generated at typical loads of the main engine, to design the PFD
layout for Organic Rankine Cycle system and to acquires the
economic analysis of break-even point with installing ORC system
and the percentage of the saving fuel oil consumption from
auxiliary engine. As the final result of analysis, the ORC system is
able to generate the electricity power ranged from 77,5% - 100%
of main engine load producing power averagely 57,69 kW. From
the economic analysis, the break-even point occurs in years 10
when comparing the fuel oil saving (profit) and cost of ORC
equipment (expenditure)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 621.402 5 Fai t |
Uncontrolled Keywords: | Analisa Keekonomian, Jacket Water Cooling System, Organic Rankine Cycle, Titik Impas, Waste Heat Recovery |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.P6 Power supply |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 28 Mar 2020 03:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2020 03:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75591 |
Actions (login required)
View Item |