Analisa Teknis & Ekonomis Pemakaian Sistem Organic Rankine Cycle (Orc) Menggunakan Sumber Suhu Rendah & Cairan Refrigeran Sebagai Fluida Kerja Untuk Pembangkit Listrik Di Kapal

Faisal, Akram (2016) Analisa Teknis & Ekonomis Pemakaian Sistem Organic Rankine Cycle (Orc) Menggunakan Sumber Suhu Rendah & Cairan Refrigeran Sebagai Fluida Kerja Untuk Pembangkit Listrik Di Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212101018-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini, sektor pelayaran memiliki pertumbuhan yang pesat diikuti dengan meningkatnya populasi penduduk dunia dan banyaknya permintaan transportasi umum melalui laut. Masalah ini memerlukan perhatian yang besar pada segi polusi, efisiensi energi dan konsumsi bahan bakar di kapal. Waste heat Recovery (WHR) adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang telah disebutkan dan salah satu metode WHR adalah dengan memasangkan sistem Organic Rankine Cycle (ORC) pada sebuah sistem di kapal. ORC dapat mengkonversi dan mengeksploitasi limbah panas pada suhu yang rendah. Dalam Skripsi kali ini, sumber utama panas yang akan dimanfaatkan diperoleh dari kapal MV. Tanto Tenang pada sistem pendingin mesin dan menggunakan R-134a sebagai refrigeran. Peralatan utama terdiri dari evaporator, kondensor, pompa dan turbin uap untuk menghasilkan listrik. Tujuan utama dari skripsi ini adalah untuk mengukur estimasi daya listrik yang dapat dihasilkan pada skenario beban dari mesin utama kapal, merancang desain sistem ORC dan memperoleh analisa ekonomi waktu terjadinya titik impas dengan menginstal sistem ORC antara penghematan bahan bakar (keuntungan yang diperoleh) dengan biaya peralatan ORC (pengeluaran). Sebagai hasil akhir dari analisis, sistem ORC dapat diaktifkan antara 77,5% - 100% beban mesin utama dan mampu menghasilkan daya listrik rata-rata 57,69 kW. Dari analisis ekonomi, titik impas terjadi pada tahun ke-10 ketika membandingkan antara penghematan bahan bakar minyak (profit) dan biaya peralatan ORC (pengeluaran) ===================================================================================================Nowadays, the shipping sector has growth rapidly as followed by the increasing of world population and the demands for public transportation via sea. This issue entails the large attention on emission, energy efficiency and fuel consumption on the ship. Waste Heat Recovery (WHR) is one of the solution to overcome the mentioned issue and one of the WHR method is by installing Organic Rankine Cycle (ORC) system in ship. ORC demonstrate to recover and exploit the low temperature waste heat rejected by the ship power generation plant. In this bachelor thesis the main source of heat to be utilized is obtained from container (7900 kW BHP, DWT 10969 mt) ship jacket water cooling system and use R-134a as a refrigerant. The main equipment consists of evaporator, condenser, pump and steam turbine to generate the electricity. The main objective of this bachelor thesis is to quantifying the estimation of electrical power which can be generated at typical loads of the main engine, to design the PFD layout for Organic Rankine Cycle system and to acquires the economic analysis of break-even point with installing ORC system and the percentage of the saving fuel oil consumption from auxiliary engine. As the final result of analysis, the ORC system is able to generate the electricity power ranged from 77,5% - 100% of main engine load producing power averagely 57,69 kW. From the economic analysis, the break-even point occurs in years 10 when comparing the fuel oil saving (profit) and cost of ORC equipment (expenditure)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.402 5 Fai t
Uncontrolled Keywords: Analisa Keekonomian, Jacket Water Cooling System, Organic Rankine Cycle, Titik Impas, Waste Heat Recovery
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.P6 Power supply
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 28 Mar 2020 03:51
Last Modified: 28 Mar 2020 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75591

Actions (login required)

View Item View Item