Perancangan Kapal Angkut Ikan Hidup (Kaih) Ukuran 300 Gt Sistem Terbuka Untuk Ikan Kerapu

Nastiti, Yulia Ayu (2016) Perancangan Kapal Angkut Ikan Hidup (Kaih) Ukuran 300 Gt Sistem Terbuka Untuk Ikan Kerapu. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4214105007-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4214105007-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ikan kerapu adalah ikan dengan dengan nilai ekonomis
yang sangat tinggi, karena banyak diminati tidak hanya dari segi
keindahan sebagai ikan hias namun juga sebagai ikan konsumsi.
Umumnya kapal ikan hidup didesain dengan memberi lubang di
dasar tangki ruang muat, sebagai lubang sirkulasi air. Namun ketika
kapal melewati perairan dengan kualitas air yang buruk lubang
sirkulasi ini harus ditutup.
Dalam tugas akhir ini disajikan modifikasi ruang muat
kapal angkut ikan kerapu hidup dengan sistem terbuka. Sistem
tersebut meliputi sistem pengolahan air berupa penyinaran air baku
dengan paparan sinar UV. Kapal yang dirancang berukuran 300 GT
dengan enam ruang muat. Prinsip kerja dari sistem ini adalah dengan
memompa air laut dengan pompa kapasitas 72 m3

/h kedalam ruang
muat, melalui filter air kemudian penyinaran UV dengan sinar
dengan panjang gelombang 254 nm dan dosis UV 30 mWs/cm2
.
Selanjutnya ketika kandungan NH3 (amonia) di dalam air
ruang muat mencapai 0,6 mg/l maka untuk menjaga kesehatan ikan
air harus dipompa keluar. Waktu sirkulasi yang diperlukan untuk
sirkulasi air seluruh tangki  4 jam. Posisi pipa hisap pengeluaran
berada didasar tangki dan untuk posisi masukan air pipa berada
diketinggian setengah dari tinggi tangki, hal ini dimaksudkan agar air
yang dikeluarkan adalah benar-benar air yang kotor berada didasar
tangki. Setiap tangki juga dipasang pipa udara dan diffuser yang
fungsinya menjaga kadar Oksigen didalam tangki dengan kompresor
berkapasitas 366 cfm
============================================================================================Groupers are fish that have high econimic value, as much in
demand not only terms of aquatic fish but also as food fish.
Generally live fish ship carrier designed to give a hole in the bottom
of the cargo tank as water circulation holes. But when the ship
passed through the waters with poor quality, circulation holes should
be closed.
In this field project is presented modification to the cargo of
transport live fish with an open system. Open system include water
treatment system that use water irradiation with UV light exposure.
Designed vessels measuring 300 GT with six cargo tank. The
working principle of this system is by pumping sea water with a
pump capasity of 72 m3

/h into the cargo tank, through a water filter
and then irradiating by UV exposure that wavelength UV is 254 nm
and the Uv doses is 30 mWs/cm2
.

Futhermore, when the content of ammonia in the water load
space reached 0,6 mg/l to ensure the health of fish, water must be
pumped out. Circulation time required for each tank is  37 minutes
and for the total circulation is  4 hours. The position of the
discharge pipe is in the bottom of tank and the suction pipe is in the
half high of the tank, this meant that the really dirty water at the
bottom of the tank which pumped out of the tank. Each tank was also
installed air pipe and difusser function to maintain oxygen levels in
the tank with a capasity of 366 cfm compressor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.820 2 Nas p
Uncontrolled Keywords: Ikan Kerapu, Kapal Pengangkut Ikan Hidup, Sistem Terbuka
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 28 Mar 2020 05:31
Last Modified: 28 Mar 2020 05:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75594

Actions (login required)

View Item View Item