Kajian Penentuan Danger Score Kapal Saat Berlayar Dengan Menggunakan Metode Pembobotan Delphi-Ahp Dan Data Automatic Identification System (Ais): Studi Kasus Selat Malaka

Christiana, Mellyani (2016) Kajian Penentuan Danger Score Kapal Saat Berlayar Dengan Menggunakan Metode Pembobotan Delphi-Ahp Dan Data Automatic Identification System (Ais): Studi Kasus Selat Malaka. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4212100003-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia dan terpadat di Indonesia baik domestik maupun internasional. Padatnya lalu lintas sangat memungkinkan terjadinya kecelakaan kapal sehingga perlu dilakukan perhitungan danger score kapal saat berlayar. Perhitungan nilai danger score memanfaatkan data Automatic Identification System (AIS) yang dapat memberikan informasi data yang dibutuhkan berupa MMSI number, kecepatan kapal, tipe kapal, dan posisi kapal. Geographic Information System (GIS) untuk mengevaluasi tingkat kebahayaan suatu kapal. Metode yang digunakan dalam kajian ini ialah Delphi-AHP. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan dari hasil penelitian karena penambahan metode Delphi lalu membandingkan hasil yang diperoleh dengan kajian sebelumnya. Pada penelitian ini dilakukan pembobotan ulang kriteria dengan menggunakan kuesioner Delphi. Pembobotan ulang tersebut menghasilkan penyusutan kriteria yang dipakai untuk penentuan nilai danger score yang pembobotannya menggunakan metode AHP. Web Offline Interface memudahkan untuk memantau vi pergerakan kapal melalui tampilan web. Penentuan kriteria dengan Delphi dapat digunakan untuk penyeleksian awal dan eliminasi kriteria yang kurang relevan sehingga terjadi perubahan nilai bobot pada pembobotan ulang kriteria =======================================================================================Malacca strait is one of the most essential sailing route in Indonesia as well as in the world. The dense traffic in this area subjects to high risk of ship accident occurring – thus, danger score calculation for sailing ship need to be performed. The prerequisite data for the calculation of danger score is obtained through Automatic Information System (AIS) which provides information including: MSSI number, ship speed, type of ship and ship’s position. Geographic Identification System (GIS) is used to evaluate hazard level of a ship. Delphi-AHP method is used in this study. The primary objective of this study is to analyze the result difference after the Delphi method is applied and then compare it with the previous result. In this study, re-weighing criteria using Delphi questionnaire is carried out. The reweighing results to reduction of criterias which are used to obtain danger score result using AHP method. Offline web interface is used to monitor the movement of ships. Criteria consideration for the Delphi method is used for initial selection and elimination of less-relevant criterias which triggers changes in weight value and re-weighing criterias.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.86 Chr k
Uncontrolled Keywords: AHP, AIS, Danger Score, Delphi, GIS.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 30 Mar 2020 14:36
Last Modified: 30 Mar 2020 14:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75611

Actions (login required)

View Item View Item