., Suardi (2015) Kajian eksperimental Penggunaan Natural Gas dan Biosolar pada Mesin Diesel. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4113204002-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Cadangan minyak bumi Indonesia yang semakin menipis mendorong manusia untuk terus mencari dan mengembangkan bahan bakar alternatif, salah satunya adalah kombinasi sistem bahan bakar minyak bumi dan gas atau biasa disebut diesel dual fuel (DDF) system. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan tujuan desain rancang bangun sistem bahan bakar hingga menghasilkan suplai yang optimal dengan memanfaatkan kombinasi bahan bakar antara biosolar dan CNG (Compressed natural gas). Instalasi system DDF ini sedikit berbeda dengan instalasi mesin pada umumnya karena menggunakan alat pengontrol otomasi yang mengatur timing injection bahan bakar CNG, sedangkan pada sistem bahan bakar biosolar dilakukan modifikasi injektor (packing Injektor) untuk mencapai tingkat komposisi bahan bakar yang ideal. Penelitian ini menunjukkan performa mesin yang paling baik pada sampel DF CNG 1 dengan SFC 263 gr/kW.h dan efisiensi termal sebesar 32,91%. Penambahan CNG pada mesin DDF memberikan tingkat efisiensi biosolar mulai dari 39% hingga 74% dibandingkan menggunakan bahan bakar biosolar murni.
======================================================================================================
Ariana, I.M. (2012), Sistem Permesinan Lanjut: a Lecture Note, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya Arismunandar, W, & Tsuda K. (1993).”Motor DieselPutaran Tinggi”. Pradaya Paramita.Jakarta Bao Yan, Sin Wei, Chengxun Xi, Yifu Liu, Ke Zeng, Ming-Chia Lai. (2011). “Experimental study of the effects of natural gas injection timing on the combustion performance and emissions of a turbocharged common rail dual-fuel engine”. Internasional Journal of applied energy Elsevier,Vol. 87, Hal. 297-304. Bernard Challen, Rodica Baranescu, (1999), Diesel Engine Reference Book, Second Edition.Oxford, UK. Biro Klasifikasi Indonesia (2013) BKI 2013 Part 1. Vol 24 Guidelines For The Use of Gas As Fuel For Ships 2013 Edition, Indonesia BP Statistical Review of World Energy. (2014) 63rd edition. London Chedthawut Poompipatpong. (2011). “A modified diesel engine for natural gas operation: Performance and emission tests”. Internasional Journal of applied energy Elsevier,Vol. 36, Hal. 6862-6866. Clarke, S. DeBruyn, J. (2012), Vehicle Conversion to Natural Gas or Biogas. OMAFRA Factsheet Order No.12-043, Canada Ditjen Migas (2015) Pertumbuhan-Kebutuhan-Gas-Bumi-2015-2030-Capai7-Persen. [Internet], Indonesia. Available From : [Accesed 24nd Januari 2015] Ehsan, Md. (2009), “Dual Fuel Performance of a Small Diesel Engine for Applications with Less Frequent Load Variations”. Internasional Journal of Mechanical & Mechatronics Engineering IJMME-IJENS Vol 09 No 10, Bangladesh
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTKe 623.872 36 Sua k |
Uncontrolled Keywords: | Diesel Dual Fuel (DDF), Compressed Natural Gas, Bio Diesel, Packing Injektor, Performa Mesin. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology > TP350 Natural gas--Drying. V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 31 Mar 2020 05:13 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 05:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75615 |
Actions (login required)
View Item |