Analisa Pengaruh Variasi Injection Timing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel

Jaya, Surya Rachmat Karama (2016) Analisa Pengaruh Variasi Injection Timing Terhadap Performa dan Emisi Gas Buang pada Mesin Diesel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4214105016-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4214105016-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin diesel merupakan sistem penggerak utama yang
dikenal sebagai jenis mesin bakar yang mempunyai tingkat
efisiensi tinggi, namun masalah yang sering dihadapi pada
pengoperasian mesin diesel adalah tingginya emisi NOx dan
partikel asap yang dikeluarkan dari mesin diesel. Pada penelitian
ini akan dibuat analisa performa dan emisi gas buang mengenai
pengaruh waktu penyalaan pembakaran dengan memvariasikan
nilai sudut timing injeksi pada mesin diesel. Selain itu tujuan dari
penelitian ini untuk memenuhi regulasi yang ditetapkan oleh
standart IMO (International Maritime Organization). Metode
yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan metode eksperimen. Hasil analisa yang didapat
membuktikan bahwa perubahan nilai sudut injeksi timing yang
divariasikan sangat berpengaruh pada pengujian performa dan
emisi gas buang. Mesin diesel mengalami peningkatan prestasi
kerja yang signifikan setelah menggunakan timing injeksi pada
sudut 14˚ CA BTDC (Retarted) dengan nilai daya maksimum,
torsi maksimum dan BMEP maksimum mesin diesel mengalami
peningkatan sebesar 19%, untuk nilai dari efisiensi thermalnya
juga mengalami peningkatan sebesar 4% sedangkan nilai SFOC
lebih rendah sebesar 3%. Sedangkan kadar emisi gas buang yang
dihasilkan sebagian besar memenuhi syarat dari standar regulasi
yang telah ditetapkan
========================================================================================================
The diesel engine is a primary mover system which known as
a combustion engine’s type with high efficiency level, but the
problem often encountered in the diesel engine’s operation is the
high level of emissions NOx and exhaust gas emission. This
research will analyze the effect of combustion ignition timing
with varying the diesel engine’s injection timing angle on
performance and exhaust gas emission, as well as IMO
(International Maritime Organization)standart fulfillment. This
research is using experimental method. Analysis results showed
that the variation of injection timing angle affect the performance
and exhaust emissions. Diesel engines’s performance increased
significantly at 14˚ CA BTDC (Retarted) with maximum power,
maximum torque and maximum BMEP, diesel engines’s
performance increased by 19%, thermal efficiency also increased
by 4%, while SFOC lower by 3%. Exhaust emissions’s content
mostly qualify the regulatory standart that have been set

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.436 Jay a
Uncontrolled Keywords: Timing injeksi, diesel, performa, emisi gas buang
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Apr 2020 02:47
Last Modified: 02 Apr 2020 02:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75657

Actions (login required)

View Item View Item