Prototipe Sistem Pengelolaan Nilai Siswa pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sidoarjo

Islam, Ika Ayu Rahmana (2015) Prototipe Sistem Pengelolaan Nilai Siswa pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006 untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
5111100201-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemudahan, transparasi, dan keefektifan merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses pengelolaan dan pelaporan hasil pembelajaran siswa. Berlakunya dualisme kurikulum pada implementasi kurikulum nasional mengakibatkan terjadinya perbedaan kebijakan yang digunakan masing-masing sekolah. Dua buah kurikulum tersebut mempunyai jenis penilaian dan indikator penilaian yang berbeda. Jika proses pengolahan nilai pada kedua jenis kurikulum tersebut masih dilakukan dengan manual secara terus menerus, maka guru akan disibukkan oleh urusan administratif nilai. Disamping itu, seorang guru telah mempunyai tanggung jawab dan beban tugas mengajar yang banyak. Dalam studi kasus penelitian ini yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sidoarjo, terdapat berbagai macam peraturan, standar penilaian, dan kebijakan yang harus dipatuhi yang mengacu pada implementasi kurikulum nasional dan peraturan perundangundangan oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya. Pada Kabupaten Sidoajo belum terdapat sebuah keseragaman sistem yang mampu mengelola hasil pembelajaran siswa pada masing-masing kurikulum. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dibagun suatu aplikasi pengelolaan nilai yang mampu mengadaptasi standar penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006. Sehingga aplikasi ini dapat diimplementasikan pada sekolah yang sudah menggunakan kebijakan Kurikulum 2013 dan sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2006 sebagai acuan pembelajaran. Disamping itu, terciptanya sebuah keseragaman sistem yang mampu mengelola implementasi kebijakan kurikulum nasional saat ini Metode basis data yang digunakan adalah dengan memanfaatkan self-referencing table agar basis data mampu menjaga struktur hierarki data aturan dan jenis penilaian yang terkadung dalam masing-masing kurikulum. Proses pengelolaan data nilai hasil pembelajaran siswa pada aplikasi ini telah mengacu pada petunjuk teknis dan standar operasional prosedur pengolahan nilai pada masing-masing kurikulum. Pada tahap pengujian, akan dilakukan uji coba oleh para ahli bidang pendidikan, yaitu tim jajaran pengawas pendidikan padai Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. Data uji yang digunakan adalah data pada SMP Negeri 2 Waru dan data SMP Negeri 4 Waru Sidoarjo. ====================================================================================================== Simplicity, transparency, and effectiveness is very necessary in the process of managing and reporting student learning outcomes. Applicability of the curriculum dualism in the national curriculum implementation resulted in differences in policies used by each school. The curriculum has two types of assessment and different assessment indicators. If the processing of value in both types of curriculum is still done by hand continuously, then teachers will be busy with administrative matters value. In addition, a teacher has had the responsibility and burden of the many teaching duties. In this research case study, namely Junior High School in the district of Sidoarjo, there are various regulations, assessment standards, and policies that must be obeyed which refers to the implementation of the national curriculum and regulations by the Ministry of Education and Culture. In the district there has not been a uniformity Sidoajo system capable of managing the learning outcomes of students in each curriculum msing. Therefore, in this final project was built a management application that is able to adapt the standard value assessment on the Curriculum 2013 and Curriculum 2006. So this application can be implemented in schools that already use policies in 2013 and school curriculum are still using 2006 as the reference curriculum of learning. In addition, the creation of a uniform system that is able to manage the implementation of the current national curriculum policies. Methods of database that is used is to utilize a self-referencing table so that the database is able to maintain the hierarchical structure of data and types of assessment rules contained within each curriculum. The process of data management value student learning outcomes in this application has been referred to the technical instructions and standard operating procedures in the processing of each curriculum. In the testing phase, will be tested by experts in education, the team ranks of superintendent of education padai Sidoarjo District Education Office. Test data used is data on SMP Negeri 2 Waru and data SMP Negeri 4 Waru Sidoarjo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.741 Isl p
Uncontrolled Keywords: Self-Referencing, Standar Penilaian, Kurikulum 2013, Kurikulum 2006.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 02 Apr 2020 13:38
Last Modified: 02 Apr 2020 13:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75664

Actions (login required)

View Item View Item