Pengujian Gerak Turning Circle Pada Kapal Cepat Twin Screw Berkemudi Ekor Ikan Forked Menggunakan Teknik Open Free Running Test

Delftianto, Galuh Eko (2016) Pengujian Gerak Turning Circle Pada Kapal Cepat Twin Screw Berkemudi Ekor Ikan Forked Menggunakan Teknik Open Free Running Test. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4108100032-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembuatan sebuah kapal pada awalnya terisnspirasi oleh bentuk ikan yang berenang. Aspek-aspek bentuk badan, gaya dorong, maupun hambatan, semuanya berawal dari pengujian bentuk ikan. Pada dewasa ini, bagian badan ikan semakin menginspirasi dalam pembuatan kapal. Bahkan sampai pada bentuk daun kemudi yang sangat mempengaruhi gerak manuver kapal. Tugas akhir ini bertujuan untuk memprediksi gerak manuver kapal yang dilakukan dengan pengujian free running model. Pengujian ini hanya bisa dilakukan oleh beberapa laboratorium hidrodinamika di Indonesia. Sehingga, diperlukan banyak biaya untuk dapat melakukan pengujian. Dalam penelitian ini metode pengujian free running model dikembangkan agar dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau dan efisien. Saat ini telah ditemukan inovasi desain kemudi baru yang dapat meningkatkan performa maneuverability kapal, yaitu kemudi ekor ikan. Secara perhitungan jenis kemudi ini sudah terbukti lebih baik dibanding jenis kemudi konvensional (biasa), namun hasil tersebut masih harus divalidasi dengan pengujian model pada kolam terbuka. Metode yang cocok untuk pengujian ini adalah pengujian free running model dimana gerakan model kapal dapat dikendalikan dari tepi kolam melalui sistem komputerisasi. Sistem ini dapat mengendalikan kapal layaknya kapal nyata dimana dapat mengatur dengan bebas kecepatan dan sudut beloknya. Model Free Running Test yang telah dilakukan dengan metode GPS dalam pengujian model ini telah membuktikan hasil performa maneuver kapal untuk turning circle test yang cukup bagus dibandingkan dengan hasil numeris. Desain jenis kemudi tipe ekor ikan forked (Tipe B) dalam free running model test dengan turning circle test telah menunjukkan performa maneuver yang lebih baik dibandingkan dengan kemudi tipe konvensional (Tipe A) dan kemudi tipe Lancelotte (Tipe C) =================================================================================The manufacture of a ship was originally inspired by the shape of the fish that swim in the ocean. The aspects of a ship body shape such as thrust, or resistance, etc. it all started from the test of a fish shape. Now a days the fish’s body is getting inspired in the shipbuilding technology and ship design. Even the shape of a rudder which affect greatly the motion of the ship maneuver is greatly inspired by the fish body. This final project aims to predict the ship maneuver performance by using free running test model’s technique. This model test can be only done by several hydrodynamics laboratories in Indonesia. It shall take a lot of costs to be able to do the model test. In this study the free running model test method is developed, sothat it can be done at reasonable costs and with an efficient manner in the future. In the last decade it has been invented a new design of the ship rudder types which can improve the maneuverability performances of ships, namely fish tail rudder types. In some numerical calculation this rudder type has been proven better than conventional rudder types (regular types), but the results are still needed to be validated by a model test in an open water condition. A suitable technigue for this model test is a free running ship models test which can be controlled from the onshore using a computerized control system. This system can control the ship manouver like in a real condition that can be set freely the ship velocity and its angle of manouver. Free Running Model Test with GPS method has shown that the performance results to maneuver of the ship with turning circle test are pretty good compared with the numerical results. Rudder design types forked fish tail type (Type B) in free running test with the turning circle maneuver test has shown better performance than the conventional type rudder (Type A) and Lancelotte rudder type (Type C).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.881 Del p
Uncontrolled Keywords: maneuverability, free running model test, forked rudder tail, turning circle test.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 06 Apr 2020 08:27
Last Modified: 07 Apr 2020 00:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75696

Actions (login required)

View Item View Item