Prabandini, Faradinda (2016) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Ruas Jalan Panggul- Desa Sobo Proyek Jalur Lintas Selatan (Jls), Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
3114105004-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dengan adanya keberadaan jaringan jalan disisi utara dan sisi selatan Provinsi Jawa Timur yang tidak sama baik dalam volume lalu lintas dan kapasitas jalannya, serta pergerakan lalu lintas barang dan manusia dibagian utara lebih maju dibandingkan bagian selatan Provinsi Jawa Timur. Penambahan Jalur Lintas Selatan ini dimaksudkan guna menambah akses jalan dibagian Selatan Jawa Timur, karena selama ini pergerakan lalu lintas yang mendominasi di bagian Jalur Pantura. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk membangun jalan baru dibagian Selatan Pulau Jawa, yang menghubungkan Jawa Timur sampai dengan Jawa Barat atau kota- kota di Pulau Jawa bagian Selatan. Diharapkan dengan adanya pembangunan jalan untuk Jalur Lintas Selatan ini dapat mengurangi volume kendaraan yang melewati jalur utara maupun jalur tengah ynag ada saat ini. Mengacu dari latar belakang diatas, dlam merencanakan geometrik jalan untuk Jalur Lintas Selatan pada tugas akhir ini menggunakan literatur AASTHO, Tata Cara Perencanaan Jalan Antar Kota Thaun 1997, peritungan analisis kapasitas jalan dengan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia(PKJI) 2014 kapasitas jalan antar kota, perencanaan tebal perkerasab flexible pavement dengan metode AASTHO 1993, perencanaan saluran tepi jalan (drainase) berdasarkan Pedoman Sistem Drainase Jalan Tahun 2006 Departemen Pekerjaan Umum, serta perhitungan rencana anggaran biaya menggunakan Analisa Harga Satuan pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur Tahun 2013.
Hasil perencanaan Jalur Lintas Sekatan ruas jalan PanggulDesa Sobo STA 0+000 s/d STA 14+557.18 diperoleh perencanaan jalan menggunakan tipe 2/2 TT dengan lebar jalan 7 meter dan lebar bahu 1.5 meter. Terdapat 2 tipe perkerasan jalan, yaitu daerah bukit dan pegunungan. Untuk lapis permukaan AC- WC sebesar 3.5 inci, lapis base dengan batu pecah kelas A setebal 6 inci, dan lapis subbase dengan sirtu kelas A setebal 6 inci. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk trapesium menggunakan tanah asli. Lebar saluran tepi 0.5 – 1 meter dan tinggi saluran tepi 1.0 – 1.8 meter. Total estimasibiaya Rp 561.600.000.000 (Terbilang lima ratus enam puluh satu enam ratus juta rupiah)
====================================================================================================
With the existence of the road network on the north side and the south side of East JavaProvince which is not the same in both volume of traffic and the capacity of the course, as well as the movement of goods and human traffics in the northern part is more advanced than the southern part of East Java Province. Southern trails addition is intended to add to the access on the south of East Java, because during the traffic movemnet that domintes in part of the northern trails. This has prompted the Goverment to build a new road on the south Islad of Java, lingking East Java to the West Java or towns in the southern part of Java Island. Hopefully, by the construction of Roads for Southern Trails, this can reduce the volume of vehicle passing lane north and the middle lane that exist today. Reffering to the background above, the geometric street plan for Southern Trails in this thesis uses literature AASTHO, Planning Procedures for Inter- City Road 1997 the calculation analysis with Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM) 2014, capacity intercity roads, pavements thickness flexible pavement design methods AASTHO 1993,planning road side channel (drainage) based Guidance System Drainage Street 2006 Ministry of Public Works, as well as the calculation of the Public Works in East Java Province in 2013. Southern trail planning results roads section Panggul – Sobo Village STA 0+000 until 14+557.18 STA obtained path planning using a type 2/2 TT road width 7 meters wide and 1.5 meter shoulders. For the surface layer AC- WC at 3.5 inches, with a base layer of crushed stone classA 6 inch thick, and layers of gravel sub base with grade A 6 inches thick. Planning the edge channel (drainage) trapezoidal using native
land. The width of the channel edge 0.5 – 1 meters and high channel edge 1.0 – 1.8 meters. The total estimated cost Rp 561.600.000.000 (Spelled five hundred sixty one billion sixty hundred million rupiah)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.725 Pra p-1 |
Uncontrolled Keywords: | Jalan Arteri, Jalan Nasional, Jalur Lintas Selatan (JLS), Perencanaan Geometrik, Tebal Perkerasan, Dimensi Saluran, RAB |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 17 Apr 2020 00:30 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 00:30 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75811 |
Actions (login required)
View Item |