Kampung Daur Ulang: Salah Satu Respon Arsitektur Terhadap Permukiman Kumuh Pemulung

Sudijar, Vidia Ardhanareswari (2016) Kampung Daur Ulang: Salah Satu Respon Arsitektur Terhadap Permukiman Kumuh Pemulung. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3212100027-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3212100027-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara dengan tingkat kepadatan penduduk terbesar keempat di dunia, memiliki permasalahan akan pengelolaan sampah. Fenomena ini dapat dilihat pada beberapa wilayah di Indonesia, khususnya pada area urban seperti kota Malang. Masyarakat yang tinggal di beberapa area ini, terbiasa akan kehidupan yang jorok dan kumuh serta tidak segan untuk tinggal berdampingan dengan sampah. Fenomena ini bertolak belakang dengan salah satu pernyataan bahwa salah satu kebutuhan pokok manusia adalah papan yang layak. Terkait dengan isu, latar belakang dan permasalahan yang ada, maka dibutuhkan sebuah metode untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dikarenakan isu yang diambil adalah isu mengenai manusia dengan lingkungan maka metode yang dirasa tepat adalah metode Scientific Problem Design Process. Metode ini dipilih karena metode ini ditujukan kepada Environmental Designer untuk memecahkan permasalahan lingkungan. Langkah pertama dari metode ini adalah menganalisa kebutuhan yang tidak terpenuhi atau tidak terpuaskan, lalu pendataan akan masalah, pendataan solusi-solusi yang mungkin diambil bagi permasalahan tersebut melalui referensi yang ada, membuat hipotesa, penentuan kriteria atau parameter desain yang ada, mengembangkan kriteria yang ada menjadi sebuah konsep desain hingga desain
===================================================================================================
Indonesia as a country which has fourth biggest population in the world, still has a problem with trash management. This phenomenon can be seen in several areas in Indonesia, especially in urban area like Malang city. People who live in this area, is not reluctant to live side by side with trash. This fact is contradictive with one statement, that some of people have the right to have a suitable house in their own. Based on that background, and those problems, there is a method which is needed to solve those problems. Because the problem is about interaction between human and their environment, a method which has been chosen is Scientific Problem Design Process. This method has been chosen because it is tended for environtmental designer to solve environmental’s problem. First step of this method is analyzing needs that isn’t fullfiled, then collect some datas of problems, collect some solutions which are possible to solve those problems, determining criterias or design parameters, developing those criterias to become design concept until design result.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSA 711.5 Sud k
Uncontrolled Keywords: hunian, sampah, masyarakat, kota, urban
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN690.5 Slums
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 17 Apr 2020 00:44
Last Modified: 17 Apr 2020 00:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75812

Actions (login required)

View Item View Item