Analisa Evakuasi Penumpang Dan Abk Kapal Pt. Pelni Dalam Kondisi List Dan Kebakaran

Wijaya, Refan Trisna (2016) Analisa Evakuasi Penumpang Dan Abk Kapal Pt. Pelni Dalam Kondisi List Dan Kebakaran. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100013-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100013-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai waktu evakuasi pada beberapa kecelakaan yang memungkinkan terjadi di kapal penumpang. Beberapa Permasalahan yang akan dibahas mengenai bahaya dari kebakaran, tabrakan serta kecelakaan yang menyebabkan kapal terbalik. Penelitian ini akan membahas tentang tempat dimana terjadi potensi yang menyebabkan terjadinya kebakaran, lalu kemungkinan apabila terjadi tabrakan atau kandasnya kapal hingga menyebabkan kebocoran sehingga kapal tenggelam ataupun terbalik. Metode yang dilakukan yakni dengan menggunakan Agent Based Model Simulation (ABMS), dengan pengembangan permasalahan yang menggunakan metode uji normalitas, uji sampel penelitian dan permodelan kebakaran. Perhitungan hasil simulasi evakuasi pada kondisi normal yakni kasus utama pada malam hari yakni 54,35 menit, kasus utama di siang hari 44,38 menit, Kasus sekunder malam 63,11 menit dan Kasus sekunder siang 58,24 menit. Perhitungan hasil simulasi pada kasus list yakni didapatkan perbandingan dengan kondisi normal sesuai dengan kondisi waktu proses simulasi. Maka didapatkan perbedaan yakni untuk kasus waktu siang pada trim 100 waktu total evakuasi naik sebesar 13,1% dan pada kondisi heel
200 naik sebesar 9,7%. Sedangkan pada kasus malam, waktu total untuk evakuasi pada trim 100 naik sebesar 6,8% dan pada kondisi heel 200 naik sebesar 5%. Dari hasil perhitungan waktu total simulasi proses evakuasi pada kondisi kebakaran maka didapatkan perbandingan dengan kondisi normal sesuai dengan kondisi waktu proses simulasi. Maka didapatkan perbedaan yakni untuk kasus waktu siang, waktu total untuk evakuasi pada kebakaran di siang hari waktu total evakuasi naik sebesar 34% dan pada kondisi kebakaran di malam hari naik sebesar 22%
==================================================================================================
This study discused about evacuation time on several accidents that occurred on passenger ship. Some Issues to be discussed about the dangers of fires, collisions and accidents that caused to the vessel listed. This research will discuss about the potential place that caused of the fire, and the possibility in case of collision ship, causing a leak so that the ship sank, or capsized. The method is performed by using the Agent Based Simulation Model (ABMS), with development problems using normality test, samples of research and modeling fire. Calculation time of evacuation simulation results under normal conditions the main cases at night that is 54.35 minutes, the main case in 44.38 minutes during the day, evening secondary Cases 63.11 minutes and 58.24 minutes during the secondary case. The calculation of the simulation results in the case of list the obtained comparison with normal conditions in accordance with the conditions of the simulation processing time. So the difference is obtained for the case of daylight savings time at a trim 100 total evacuation time increased by 13.1% and on the condition of heel 200 rised by 9.7%. Whereas in the case of night, the total time for the evacuation of the trim 100 rised by 6.8% and on the condition of heel 200 rised by 5%. From the calculation of total simulation time of the evacuation process the fire conditions are obtained comparison with normal conditions in accordance with the conditions of the simulation processing time. So the difference is

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.888 Wij a-1
Uncontrolled Keywords: Evakuasi, Kebakaran, Kecepatan Berjalan
Subjects: S Agriculture > SD Forestry > SD387.F52 Fire management
V Naval Science > VK > VK200 Merchant marine--Safety measures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:32
Last Modified: 21 Apr 2020 03:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75854

Actions (login required)

View Item View Item