Redesain Showroom Honda Jemursari Surabaya Dengan Konsep Green-Futuristik

Rosanta, Abel Adha (2016) Redesain Showroom Honda Jemursari Surabaya Dengan Konsep Green-Futuristik. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100151-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3412100151-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri otomotif yang semakin pesat menimbulkan
persaingan antar merek, berbagai macam strategi pemasaran di lakukan, salah
satunya dengan melakukan branding produk. PT. Honda Prospect Motor (HPM)
adalah agen tunggal pemegang merk mobil Honda di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam kualitas pelayanan
perawatan mobil pada bengkel resmi Honda di Kota Surabaya.
Honda adalah salah satu produsen mobil yang berhasil dengan branding
merek yaitu menciptakan kendaraan yang irit,kencang,dan berteknologi tinggi
sesuai dengan slogan Honda “The Power of Dream”. Selain itu Honda juga
mempunyai konsep “Green Dealer” sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan
sekitar. Sayangnya konsep green pada showroom masih belum dapat dirasakan
secara maksimal disetiap showroom Honda di Surabaya khususnya. Maka dari itu
Showroom Honda dengan konsep “Green Futuristic” diharapkan dapat menjadi
sarana yang mencerminkan karakter produk dan juga dapat menjadi sarana untuk
memberikan informasi tentang visi misi dan cara pandang Honda dalam
menghargai sebuah produk.
Metodologi desain meliputi pengumpulan data lewat pengamatan lapangan
dan lewat penyebaran kuisioner, kemudian di analisa terhadap elemen pemenuh
kebutuhan sebuah showroom mobil, untuk mendapatkan program ruang dan konsep
desain yang relevan dengan kebutuhan, fungsi, dan permasalahan pada objek
desain. Konsep yang dihadirkan pada showroom ini yaitu membuat suasana interior
showroom seperti di masa depan dengan perpaduan tanaman hijau dan permainan
lampu neon khas gaya futuristik. Aplikasi konsep tersebut bermaksud untuk
memberikan nuansa yang mendukung karakter produk dan mewujudkan konsep
“Green Dealer” itu sendiri. Sehingga diharapkan showroom ini dapat meningkatkan
nilai jual dan memberikan kesan mendalam pada setiap konsumen yang datang ke
showroom tersebut.
==================================================================================================================
The development of the automotive industry, which grew rapidly lead to
competition among brands, a wide variety of marketing strategies in doing, one of
them with product branding. PT. Honda Prospect Motor (HPM) is the sole agent
for the brand of Honda cars in Indonesia. This study aims to determine the level of
customer satisfaction in the quality of care services at authorized workshops Honda
cars in the city of Surabaya.
Honda is one of the car manufacturers that are successful with brand
branding is to create a vehicle that is economical, fast, and high-tech Honda
accordance with the slogan "The Power of the Dream". Besides Honda also has the
concept of "Green Dealer" as a form of concern for the environment. Unfortunately,
the concept of green in the showroom still be felt to the fullest every Honda
showroom in Surabaya. Therefore Showroom Honda with the concept of "Green
Futuristic" is expected to be a tool that reflects the character of the products and
also can be a means to provide information about the vision, mission and
perspectives of Honda in respect of a product.
Design methodology includes data collection through field observations and
through a questionnaire, and then analyzed against the elements fulfilling the needs
of a car showroom, to get the space program and design concepts that are relevant
to the needs, functions, and problems in the design objects. The concept presented
in this showroom interior showroom that makes the atmosphere like in the future
with a mix of greenery and games futuristic style typical fluorescent lamp.
Application of the concept intends to give the feel of the product and the supporting
characters embody the concept of "Green Dealer" itself. So expect this showroom
can increase the resale value and provide a lasting impression on every customer
who comes into the showroom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.852 Ros r
Uncontrolled Keywords: Showroom mobil; Green Dealer; Futuristik;
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Apr 2020 06:52
Last Modified: 21 Apr 2020 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75858

Actions (login required)

View Item View Item