Penggunaan Air Lubrication System Untuk Mengurangi Tahanan Gesek Pada Badan Kapal

Irsyadul, Afif Rz (2016) Penggunaan Air Lubrication System Untuk Mengurangi Tahanan Gesek Pada Badan Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212101035-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212101035-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

pelaksaan eksperiment sederhana untuk mendapatkan dan
mengetahui pengaruh dari lubrikasi udara dalam mengurangi
tahanan gesek pada badan kapal. Tahanan gesek merupakan
salah satu pengaruh terhadap kebutuhan daya untuk
mendorong kapal. Gesekan terjadi karena ada dua media yaitu
badan kapal dan air yang saling bergesekan. Air Lubrication
System merupakan system tambahan yang digunakan untuk
mengurangi tahanan gesek dengan menginjeksikan udara
bertekanan ke bawah badan kapal, hal ini dilakukan untuk
mengurangi gesekan antara badan kapal dengan air. Uji tarik
dilakukan menggunakan model kapal yang salah satunya tidak
menggunakan ALS dan model kapal yang menggunakan ALS.
Kecepatan Model pada berat 0.4 kg saat tidak menggunakan
ALS adalah 0.518 m/s, sedangkan kecepatan saat model
menggunakan ALS adalah 0.538 m/s. Dari hasil perhitungan
didapatkan pada kecepatan 1.3 Knot, tahanan kapal tanpa
menggunakan ALS adalah 62650.635 N, sedangkan tahanan
kapal pada saat menggunakan ALS adalah 56272.822 N.
==================================================================================================================
and executing the implementation from experiment to
determine the effect of air lubrication for reduces frictional
resistance on the hull. Frictional resistance is one of major
influences on determine needs of power to propel vessel. This
friction occurs because there are two media rubbing on each
other that are hull and water. Air Lubrication System is an
additional system used to reduce frictional resistance by
injecting air to the bottom of the hull; this is done to reduce
the friction between the ship hulls with water. Towing tests
conducted on a model ship that not using ALS and models of
ships using ALS. Model Speed when given weight 0.4 kg,
when not using ALS the speed was 0.518 m/s, compare to
speed when using the model of ALS was 0.538 m/s. From
calculation results, can be obtained resistance value at a speed
of 1.3 knots, ship resistance without the use of ALS is
62650,635 N, while the ship resistance when using ALS is
56272,822 N.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.872 36 Irs d
Uncontrolled Keywords: Air lubrication, Ship Resistance, Towing Test
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Apr 2020 01:41
Last Modified: 22 Apr 2020 01:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75872

Actions (login required)

View Item View Item