Allam, Muhammad Ghiyats Kharisma (2016) Analisa Pengaruh Bentuk Deep SKEG Terhadap Stabilitas Kapal Layar Motor Melalui Pendekatan CFD. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4214105022-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (940kB) | Preview |
Abstract
Parameter utama yang sangat menentukan terhadap stabilitas
kapal layar adalah bentuk konstruksi lambung, ukuran kapal yang
kecil disertai memiliki layar yang lebar membuat kapal layar
mudah terguncang ketika dilaut. Alat gerak kapal yang
menggunakan layar lebar dapat memberikan hambatan terhadap
stabilitas kapal tersebut, maka dari itu dibutuhkan terobosanterobosan
terbaru untuk mengatasi permasalahan tersebut salah
satu terobosan tersebut adalah dengan menambahan deep skeg
pada bagian lunas atau keel kapal. Tujuan dari tugas akhir ini
adalah mengetahui seberapa besar pengaruh penambahan deep
skeg terhadap stabilitas kapal layar yang dihasilkan sebelum dan
sesudah penambahan deep skeg.Analisa yang dilakukan yaitu
melihat efek penambahan deep skeg dalam berbagai variasi
ukurannya.Setelah analisa berakhir kita membandingkan hasil
analisa grafik. Hasil analisa tersebut adalah ukuran deep skeg
yang optimal adalah ±1/3 dari tinggi layar hal ini di buktikan
bahwa deep skeg yang panjangnya berukuran 6,5 meter atau 1/3
dari tinggi layar memiliki nilai stabilitas yang paling baik dengan
periode rolling sebesar 4,7 detik.
==================================================================================================================
The main parameters that determine the stability of the ship hull
construction of the screen is the shape, size small boat with has a
wide screen makes the display easily shaken when a ship at sea.
Locomotor ship using a wide screen can provide barriers to the
stability of the vessel, and therefore required the latest
breakthroughs to solve these problems is one of the breakthrough
with menambahan deep skeg on the hull or keel boats. The aim of
this thesis was to determine how much influence the addition of
deep skeg on the stability of the ship sails generated before and
after the addition of deep skeg. Analysis performed is to see the
effect of adding deep skeg in a variety of sizes. After the analysis
concludes, we compare the results of analysis charts. The results
of this analysis are deep skeg optimal size is ± 1/3 of the screen
height it is proved that a deep skeg measuring 6.5 meters in
length or 1/3 of the screen height has the best stability values with
rolling period amounted to 4, 7 seconds.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.812 All a |
Uncontrolled Keywords: | Deep skeg, stabilitas, kapal layar, CFD,Stability, Sailinga boat |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 03:03 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 03:03 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75877 |
Actions (login required)
View Item |