Ilavi, Rachmania (2016) Rancang Bangun E-Learning Pemrograman Pada Modul Student Feedback System. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
5112100168-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
E-Learning bisa diartikan sebagai pembelajaran yang dilakukan di media elektronik baik secara formal maupun informal. Di Jurusan Teknik Informatika, E-Learning digunakan peserta didik sebagai sarana pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Dosen seringkali meminta peserta didik membuat kode program yang deskriptif atau instruktif sesuai dengan soal yang diminta dosen. Tetapi pada kenyataannya, banyak peserta didik yang menulis kode program kurang sesuai dengan soal yang diminta, padahal penjelasan soal sudah sangat jelas. Sehingga dibutuhkan sebuah E-Learning Pemrograman yang dapat digunakan peserta didik maupun dosen untuk melaksanakan pembelajaran pemrograman. Pada E-Learning pemrograman diharapkan mampu menyediakan sarana agar dosen dapat menentukan kode program yang dibuat oleh peserta didik ini sesuai dengan struktur jawaban dosen. Selain itu, diharapkan mampu memberikan feedback berupa teks kemiripan dua kode program. Tugas akhir ini mengimplementasikan metode SmithWaterman untuk mendeteksi kemiripan dua buah kode sumber. Kode sumber diubah menjadi sebuah AST dengan menggunakan parser ANTLR. AST tersebut lalu diubah menjadi sequence yang menjadi inputan metode Smith-Waterman. Pada tugas akhir ini hasil yang didapat untuk menilai kemiripan dua buah source code menggunakan metode Smith Waterman menghasilkan akurasi sebesar 93,54% dengan menggunakan total 71 source code peserta didik dan satu source code dosen dalam tiga kali uji coba dengan dataset yang berbeda. Sedangkan, metode Smith-Waterman yang dimodifikasi menghasilkan akurasi sebesar 98.9% dengan menggunakan data yang sama dengan metode Smith-Waterman
=================================================================================================
E-Learning can be defined as learning that is done in electronic media, both formally and informally. In the Department of Informatics Engineering, E-Learning can be used by students as a place to submit assignments. Teachers ask student to create source code which is descriptively same as the question. In fact, a lot of students write souce code different from what question wants. Therefore it needs an E-Learning platform that can be used for both students and teachers to implement programming. Teachers can determine student's source code is structurally same as teacher's source code by using E-Learning. Beside that, it can give feedback such as a text that contains similarity of two source code file. This theses implements Smith-Waterman method to detect similarity between two source code files. Those source code files are converted to AST using ANTLR parser. Then ASTs are converted to sequence to be Smith-Waterman's input. In this theses result, to determine similarity of two source code files using Smith-Waterman method results an acuracy of 93,54% by using 71 source code files and one teacher's source code file in three trials with different dataset. Meanwhile, SmithWaterman modification method results an acuracy of 98.9% which uses the same data as Smith-Waterman method
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSIf 005.722 Ila r |
Uncontrolled Keywords: | Smith-Waterman, AST, ANTLR, C++, E-Learning, feedback, similarity |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming. |
Divisions: | Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 29 Apr 2020 03:44 |
Last Modified: | 29 Apr 2020 03:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75915 |
Actions (login required)
View Item |