Rancang Bangun Simulasi Ujian Surat Izin Mengemudi (Sim) Mobil Menggunakan Steering Wheel Dan Oculus Rift

Pratama, Dimas Widdy (2016) Rancang Bangun Simulasi Ujian Surat Izin Mengemudi (Sim) Mobil Menggunakan Steering Wheel Dan Oculus Rift. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
5112100144-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era global seperti ini, kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang dipakai semua orang. Di Indonesia sendiri jalanan sering macet akibat banyaknya intensitas kendaraan bermotor yang ada di jalan. Namun apakah semua pengendara tersebut sudah terkualifikasi untuk mengendarainya? Di Indonesia sendiri dibutuhkan Surat Izin Mengemudi (SIM) agar dapat mengendarai kendaraan bermotor. Namun sering ditemui pengendara kendaraan tidak memiliki SIM. Terdapat indikasi bahwa kurangnya informasi mengenai ujian yang diujikan menjadi salah satu alasannya. Diperlukan penghimbauan kembali agar masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya SIM itu sendiri. Apabila seseorang tidak pernah melakukan ujian SIM, maka tidak dapat dipastikan bahwa orang tersebut bisa mengendarai kendaraan bermotor dengan lancar. Salah satu solusinya adalah dibuatnya sebuah simulasi ujian praktek SIM yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang apa yang diujikan dalam ujian praktek SIM. Pengguna akan tahu bahwa dalam ujian praktek SIM A terdapat lima ujian, yaitu ujian maju mundur, ujian zig-zag, ujian parkir seri, ujian parkir parallel dan ujian menaiki tanjakan. Dengan dikembangkannya aplikasi ini dapat membantu masyarakat yang belum meiliki surat izin mengemudi untuk mengetahui informasi ujian praktek sebelum mengambil ujian sesungguhnya. . Dengan menggunakan Steering Wheel dan Oculus rift, maka akan memberikan pengalaman yang seperti sesungguhnya. Uji coba pada Tugas Akhir ini menggunakan skenario uji coba dengan metode kotak hitam dan kuesioner dari pengguna. Kuesioner ini menghasilkan nilai rata – rata 4 dari nilai maksimal yaitu 5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 003.3 Pra r-1
Uncontrolled Keywords: Simulasi, Surat Izin Mengemudi, Oculus Rift, Steering Wheel
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.76.A65 Application software. Enterprise application integration (Computer systems)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL270 Automobiles--Wheels--Alignment.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 29 Apr 2020 06:11
Last Modified: 29 Apr 2020 06:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75920

Actions (login required)

View Item View Item