Siregar, Izhary (2016) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Ketinggian Ground Clearance Dengan Four-Channel Diffusers Pada Bagian Belakang Bodi Bus. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
2114202012-Master_Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Gaya-gaya aerodinamika pada kendaraan yaitu drag dan lift merupakan parameter penting dalam mengevaluasi performa dari kendaraan tersebut. Dalam setiap perancangan bodi kendaraan tentunya menginginkan drag yang kecil dan lift negatif yang besar (downforce). Hal ini sangat dibutuhkan demi meminimalisir konsumsi bahan bakar dan kestabilan berkendara saat melaju pada kecepatan yang tinggi. Drag yang besar didominasi oleh perbedaan tekanan antara bagian depan dan belakang bodi (pressure drag). Fenomena ini menjadi penting dikarenakan pressure drag yang terjadi di bagian belakang jauh lebih besar daripada bagian depan bodi. Kendaraan yang berdimensi besar seperti bus tentunya harus memiliki tenaga yang cukup kuat dalam melawan hambatan ini dibandingkan kendaraan lainnya. Sebuah modifikasi dilakukan berupa penambahan four-channel diffusers pada bagian belakang bodi bus (rear body) dalam rangka mereduksi hambatan tersebut. Studi eksperimen ini dilakukan dengan pemodelan untuk mengetahui pengaruh four-channel diffusers terhadap karakteristik aliran pada bagian rear body dengan memvariasikan ground clearance (c/L = 0,04 ; 0,05 ; 0,06), dimana kecepatan aliran freestream (U∞) konstan yaitu 18 m/s atau bilangan Reynolds 6,67x105 serta sudut diffuser yang digunakan adalah 80. Hasil dari penelitian ini menunjukkan model dengan menggunakan four-channel diffusers pada c/L = 0,04 memiliki intensitas turbulensi paling besar yaitu 5,946% dan mampu mereduksi drag yang terjadi hingga 2,16% dari model standarnya
==============================================================================================
Aerodynamic forces at the vehicle likes drag and lift are important parameters to evaluation aerodynamic of a body. Each body design specific purpose to reduced drag and increase the negative lift (downforce). This condition meet a challenge in term of saving fuel, further driving distance, and better driving performance. The large drag predominance of pressure different between frontal and rear pressure body (pressure drag). This phenomena be important proceed of rear body pressure more large than frontal body pressure. The huge vehicles such as a buses must be have high power to rising up this losses as compared with other vehicle model. A modification have been doing such as four-channel diffuser on the rear bus body to reduced that disruption. This experiment will be doing with a bus model to known influence concerning flow characteristic on rear body. The four channel diffuser performance will be improved with ground clearance variation (c/L = 0.04 ; 0.05 ; 0.06) when velocity of free stream is 18 m/s (Re = 6,67 x 105) angle of diffuser is 80 . The expectance result is to know four-channel diffusers performance before and after this device tall on the rear bus body with optimum ground clearance and to looks the aerodynamic forces effect. The result of this experiment shows that bus model with four-channel diffusers at c/L = 0,04 has turbulent intensity (IT) highest is 5,968% and able to reduced drag until 2,16% than standard model
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 629.229 3 Sir s |
Uncontrolled Keywords: | rear body, ground clearance, four-channel diffusers, koefisien drag |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 05:25 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 05:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75927 |
Actions (login required)
View Item |