Evaluasi Pengangkutan Material Bahan Baku NPK Dari Gudang Utama Hingga Input Pabrik (Studi Kasus : PT. Pupuk Kujang)

Hilmawan, Akbar Rifqi (2016) Evaluasi Pengangkutan Material Bahan Baku NPK Dari Gudang Utama Hingga Input Pabrik (Studi Kasus : PT. Pupuk Kujang). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100147-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2111100147-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

NPK Pupuk Kujang 2 merupakan pabrik pupuk yang baru selesai di bangun di akhir 2015 lalu dan sudah dapat beroperasi hingga sekarang. Karena NPK Pupuk Kujang 2 baru selesai dibangun dan baru dioperasikan pada awal tahun 2016 maka terdapat beberapa masalah umum yang terjadi, salah satunya adalah proses pemindahan bahan baku mengalami penumpukan pada gudang produksi. Hal tersebut dikarenakan pada saat memindahkan bahan baku dari gudang utama menuju gudang produksi penggunaan truk tidak sesuai dengan kapasitas penyimpanan gudang produksi, karena untuk saat ini NPK Pupuk Kujang 2 menargetkan untuk dapat memproduksi pupuk dengan maksimal sehingga tidak memperhatikan jumlah pemakaian truk untuk memindahkan bahan baku. oleh karena itu penelitian ini untuk mengoptimalkan proses pemindahan bahan baku dan meminimalkan biaya pemindahan bahan baku. Dalam Tugas Akhir ini, solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kurang optimalnya pemindahan bahan baku dari gudang utama menuju gudang produksi yaitu dengan merancang jalur conveyor. Conveyor yang akan dirancang sesuai dengan kapasitas output yang dibutuhkan untuk proses membuat pupuk. Sehingga dapat dibandingkan pemindahan bahan baku menggunakan truk dengan menggunakan conveyor akan didapat perbandingan biaya yang dikeluarkan dari penyewaan truk dan dengan penggunaan conveyor.
=======================================================================================================
NPK puku kujang 2 is a new fertilizer factory that had been finished the construction at the end of 2015 and has been operated until now. Because NPK pupuk kujang 2 has been newly built and newly put into operation in early 2016 then there are some common problems, one of which is the transfer process of raw materials have built-up on the production warehouse. That is because at the time of moving the raw materials from the main warehouse to the production warehouse, the usage of trucks is not compatible with the production warehouse storage capacity, due to the current NPK pupuk kujang 2 has targeted to be able to produce fertilizer to the maximum so it does not pay attention to the amount of the usage use trucks to move raw materials. In this final project, a proposed solution to overcome the lack of optimal transfer of raw materials from the main warehouse to the production warehouse is to design the conveyor track

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.867 5 Hil e
Uncontrolled Keywords: Pemindahan bahab baku; conveyor; biaya pemindahan bahan baku
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1398 Conveyors
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 04 May 2020 02:27
Last Modified: 04 May 2020 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75931

Actions (login required)

View Item View Item