Analisis Variasi Moda Akses Bandara Internasional Juanda Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Perjalanan Darat

Nastiti, Norberta Yekti Setya (2015) Analisis Variasi Moda Akses Bandara Internasional Juanda Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Perjalanan Darat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111100124-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3111100124-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu
bandara terbesar di Indonesia dimana Bandar Udara Juanda
menjadi pintu gerbang menuju daerah Jawa Timur lainnya.
Kawasan Bandara Internasional Juanda sendiri merupakan
daerah yang memberikan bangkitan dan tarikan terhadap
pergerakan transportasi di Surabaya, dimana Surabaya dapat
dibagi menjadi lima wilayah, yaitu Surabaya Utara, Surabaya
Barat, Surabaya Timur, Surabaya Selatan dan Surabaya
Pusat. Pada saat ini akses dari kelima wilayah tersebut
menuju bandara adalah melalui jalan-jalan utama dengan
menggunakan moda kendaraan pribadi, taksi dan sepeda
motor. Dari masing-masing moda tersebut, biaya serta waktu
tempuh menjadi 2 aspek pertimbangan penting dalam
pemilihan moda yang tepat. Tujuan dilakukannya studi ini
antara lain untuk mengetahui travel time dan travel cost serta
analisis perbandingan dari seluruh moda transportasi yang
ditinjau, yaitu mobil pribadi, taksi, bus dan kereta bandara
untuk seluruh wilayah Surabaya. Metode yang dilakukan
dalam studi tugas akhir ini adalah dengan melakukan survei
langsung travel time dari pusat zona hingga sampai ke
Bandara Juanda dan melakukan perhitungan travel time dan
travel cost dari masing-masing moda. Dari hasil studi diperoleh hanya beberapa wilayah yang mampu dilayani
moda bus dan kereta bandara. Hasil akhir studi tugas akhir
memberikan gambaran kepada calon penumpang tentang
karakteristik masing-masing layanan moda transportasi yang
meliputi travel time dan travel cost. Dari segi travel time
mobil pribadi/taksi lebih rendah dibandingkan moda bus untuk
kecamatan yang dilayani, yaitu wilayah Surabaya Barat.
Sedangkan untuk travel cost bus lebih rendah apabila
dibandingkan dengan mobil pribadi/taksi. Untuk nilai travel
time moda kereta bandara dibandingkan dengan mobil
pribadi/taksi untuk digunakan di wilayah kecamatan yang
dilayani lebih rendah. Namun, dari segi travel cost mobil
pribadi lebih rendah daripada taksi dan kereta bandara untuk
digunakan di wilayah kecamatan yang dilayani Stasiun
Gubeng. Sehingga dari setiap moda transportasi ke Bandara
Juanda memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan jika
ditinjau dari aspek travel cost dan travel time.
==================================================================================================================
Juanda International Airport is one of the biggest
airports in Indonesia, where it has been the main gate to
access many different region of East Java. The area where
Juanda Airport placed gives the potential and attraction to the
transportation movement in Surabaya. Surabaya can be
divided into five different regions, namely: North Surabaya,
West Surabaya, East Surabaya, South Surabaya and Central
Surabaya. Currently, Juanda is accessible from main roads
using mode of transports of private vehicle, taxi and
motorcycle. From each of transportation mode, travel time
and travel cost are two important aspects in choosing the right
mode. The purpose of this study is to analyze travel time and
travel cost of each of transportation mode chosen, which are:
private car, taxi, bus and airport’s train in all Surabaya
region. The method used in this final year project is by direct
survey and the calculation of travel time and travel cost of
each of transportation mode. The result shows that only a few
regions can be served by transportation mode of bus and
airport’s train. From travel time point of view, private car or
taxi takes lesser time compared to bus for those sub-districts
that is within range, such as West Surabaya. Meanwhile, in terms of travel cost, bus takes lesser time if we compare to
private car or taxi. For the number of travel time of airport’s
train compared to private car or taxi that is used in subdistricts, is smaller. But, the travel cost of private car is much
smaller compared to taxi and airport’s train to be used in subdistricts that is served by Gubeng station. Therefore, each of
transportation mode used to Juanda Airport has its
advantages and disadvantages if we evaluate its travel time
and cost.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.322 Nas a
Uncontrolled Keywords: Bandara Internasional Juanda, travel time, travel cost, mobil pribadi, taksi, bus, kereta bandara
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 11 May 2020 02:15
Last Modified: 11 May 2020 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75952

Actions (login required)

View Item View Item