Arinda, Chintya Dewi (2015) Analisis Kebutuhan Biaya Pemeliharaan Jembatan Rangka Baja Pada Kontrak Berbasis Kinerja (Studi Kasus Jembatan Musi II di Palembang). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3112207804-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (9MB) | Preview |
Abstract
Kontrak Berbasis Kinerja (KBK) merupakan salah satu sistem kontrak
kerja yang mendasarkan terhadap pemenuhan kondisi aset terhadap kondisi
kinerja minimum yang ditentukan dalam kontrak pekerjaan. KBK seringkali
dilakukan dalam jangka waktu yang lama, minimal 3(tiga) tahun. Sehingga dalam
menentukan besarnya kebutuhan biaya pemeliharaan aset dengan sistem KBK ini
diperlukan penentuan mengenai indikator kinerja utama serta prediksi kondisi
kinerja aset di masa mendatang.
Penelitian ini berlokasi di jembatan Musi II Palembang. Jembatan ini
merupakan jembatan Rangka Baja Australia (RBA) yang dimiliki oleh
Kementerian Pekerjaan Umum yang pekerjaan pemeliharaannya menggunakan
sistem kontrak konvensional. Dalam penelitian ini, masa kontrak KBK
dimodelkan selama 5 (tahun) dengan rincian 2 (dua) tahun masa pelaksanaan
pekerjaan fisik jembatan dan 3 (tiga) tahun masa pemeliharaan jembatan.
Penentuan indikator utama jembatan dengan menggunakan analisis pareto dan
pengelompokan kerusakan jembatan berdasarkan Bridge Management System
(BMS). Sedangkan prediksi kondisi kinerja jembatan menggunakan proses rantai
markov.
Dari hasil prediksi kondisi pada indikator kinerja utama jembatan yang
terdapat pada bagian lantai kendaraan, diperoleh nilai estimasi kebutuhan biaya
pemeliharaan jembatan Musi II Palembang sebesar 5,7 Miliar Rupiah. Sedangkan
nilai biaya pemeliharaan jembatan Musi II Palembang dengan sistem kontrak
konvensional selama tahun 2012 sampai dengan 2014 yang telah diekivalensi
sebesar 6,5 Miliar Rupiah. Nilai estimasi kebutuhan biaya pemeliharaan jembatan
Musi II Palembang dengan menggunakan sistem kontrak KBK dalam penelitian
ini 13,43% lebih kecil daripada nilai biaya pemeliharaan jembatan dengan
menggunakan kontrak konvensional.
==================================================================================================================
Performance Based Contract (PBC) is one of contract system based on the
fulfillment of the asset minimum performance conditions that specified in the
contract. PBC is often done in a long period of time, at least 3 (three) years. So
that in determining the need of asset maintenance costs with PBC system is
necessary to determine the key performance indicators as well as the prediction of
the condition of the asset performance in the future.
This research is located in Musi Bridge II at Palembang. This bridge is a
truss bridge of Australia which is owned by the Ministry of Public Works which
used conventional contract system. In this study, the modeled of contract period of
PBC is 5 (five) years, it consist of 2 (two) years of implementation of the bridges
physical works and 3 (three) years of bridge maintenance. Determination of the
main indicators of the bridge by using pareto analysis and grouping of bridge
damage based Bridge Management System (BMS). While predictions of the
performance condition bridge using markov chain process.
The results of predicted conditions by the major performance indicators
bridge that located on the deck of bridge, obtained a maintenance cost estimation
of Musi II Bridge in Palembang amount 5,7 bilion rupiahs. It is compared with
the equivalence maintenance cost of conventional contract that used by Musi II
bridge during 2012 through 2014, that is 6,5 bilion rupiahs The maintenance cost
estimation of Musi II Bridge in Palembang that used PBC system in this study is
13.43% smaller than used conventional contract.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTS 620.004 8 Ari a |
Uncontrolled Keywords: | Jembatan rangka baja; kontrak berbasi kinerja; biaya pemeliharaan jembatan; rantai markov; jembatan Musi II Palembang |
Subjects: | T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 13 May 2020 02:25 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:25 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75964 |
Actions (login required)
View Item |