Pengembangan Ui/Ux Honda Mobilio Untuk Meminimalisir Kecelakaan Dengan Konsep Clean And Simple

Diputra, Felsa Ramadharma (2016) Pengembangan Ui/Ux Honda Mobilio Untuk Meminimalisir Kecelakaan Dengan Konsep Clean And Simple. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100084-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3412100084-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia terdapat sekitar 543 jumlah kecelakaan di tahun 2014, tepatnya di kota besar yaitu Surabaya. Gangguan tersebut bisa datang dari mana saja, seperti berbicara dengan lawan bicara, mengkonsumsi makanan saat berkendara, menggunakan ponsel saat berkendara, dan juga saat mengoperasikan head unit. Saat ini mobil mengalami perkembangan di bidang fitur, seperti memutar musik atau menonton video yang terletak pada head unit display. Namun, muatan informasi yang ada dalam satu display bisa menganggu pengemudi saat berkendara. Ditambah dengan waktu yang dibutuhkan oleh pengemudi untuk melihat atau mengoperasikan sistem pada display yang dapat mengganggu konsentrasi pengemudi saat mengendarai mobil. Fitur yang ada pada mobil dilengkapi dengan berbagai macam tombol dan menu sebagai sistem navigasi dan hal ini menyulitkan pengemudi untuk mengoperasikan sistem yang ada karena keterbatasan daya pikir akan mengingat berbagai macam sistem yang ingin atau perlu dioperasikan. Dalam menemukan informasi yang diperlukan oleh peneliti, dibutuhkan beberapa data yang mampu memperkuat studi yang akan dilakukan dengan menggunakan metode depth interview dan observasi, diantaranya adalah mencari tahu karakteristik pengemudi, kegiatan yang dilakukan selama berkendara, menu yang paling sering dioperasikan, dan kesensitifitasan atau respon pengemudi terhadap head unit. Data berikutnya adalah dengan memanfaatkan studi eksisting media yang telah ada dan literatur yang mampu mendukung proses penelitian. Kemudian, data yang telah terkumpul, akan dianalisa sebelum memulai merencanakan tahap perancangan. Melalui penelitian dan proses pengembangan user interface (UI) dan user experience (UX) sebuah mobil, diharapkan mampu memfasilitasi pengemudi saat berkendara untuk mengoperasikan sistem dalam waktu yang sama, melakukan apa yang mereka inginkan melalui head unit tersebut. Dimana di masa yang akan datang, proses pengembangan sistem ini dapat memudahkan kebutuhan pengemudi dan menyesuaikan dengan keadaan yang ada. Sehingga, hal-hal yang sebelumnya menjadi faktor pemicu kecelakaan, seperti gangguan saat berkendara bisa berkurang. Hal ini dapat direalisasikan dengan mengembangkan desain UI/UX pada mobil untuk mengurangi gangguan pada saat mengemudi.
======================================================================================================
In Indonesia there are 543 accidents occur in the year 2014 in Surabaya. There are a number of factors that cause accidents in the first place, and one of them is distractions. Cars nowadays are more connected than ever. With the head unit in a car, they have many features either music or the ability to watch videos within their head unit. With many information in one place, choosing what the driver wants can be complicated at a glance. Instead, the driver needed to have a few seconds that can cause someone’s life. People wanted more features in their car and with this, the system have more buttons and menus to navigate around. The driver does not have time to navigate through all the menu as to all we have certain limits to our cognitive where we can remember where the buttons are. With so many features within one system, it can be a daunting task when navigating through whilst driving. In addition, with the occurrences of small buttons on a small screen increased the difficulty when pressing the buttons. With the findings of the information by the author, it needs a few data to strengthen the research by using the method of depth interview and observation, to find the different characteristics within the users, the user’s habit whilst driving, the most frequent features that the users tend to use and the sensitivity of the users towards the head unit. The following data, by using the existing and literatures which can support the proses of this research. In addition, with all the data gathered, it will then be analysed before the execution of the study. From a thorough research and continue developing the UI (user interface) and UX (user experience) of a car, hoping that it facilitates the driver whilst driving to operate the head unit within the same amount of time, or even less, with the concept of clean and simple. Having to include big icons presented helps its cognitive reflexes of the driver to reach and prevent them from miss-pressing the buttons. With this, the realization with the development of the UI and UX for cars can reduce the amount of distraction levels when driving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 620.82 Dip p
Uncontrolled Keywords: Fitur, UI/UX, Pengemudi, Navigasi, Fasilitas
Subjects: Q Science > QP Physiology > QP34.5 Human engineering
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 12 May 2020 06:30
Last Modified: 12 May 2020 06:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75966

Actions (login required)

View Item View Item