Siswanto, Febri Eko (2016) Analisis Usulan Peningkatan Aset Ruas Jalan Balerejo – Muneng (No. Ruas 17) Sebagai Jalan Akses Industri Di Kabupaten Madiun. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3114207813-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Ruas jalan Balerejo – Muneng merupakan jalan yang berstatus lokal primer milik Kabupaten Madiun dengan perkerasan jalan eksisting menggunakan jenis perkerasan lentur dengan lebar eksisting jalan 5.00 m. Jalan ini pada awalnya direncanakan tanpa adanya pengaruh bangkitan areal perindustrian, kemudian adanya rencana perubahan akibat area untuk perindustrian yang merupakan bagian dari pengembangan perekonomian Kabupaten Madiun, akan mempengaruhi kuantitas kendaraan dan ukuran kendaraan yang melewatinya. Sehingga perlu dilakukan evaluasi jalan yang meliputi evaluasi kinerja ruang jalan dan evaluasi perkerasan jalan masih bisa mencukupi atau tidak. Dalam evaluasi tersebut diperlukan data rencana pengembangan kawasan industri beserta jenis industri yang akan dikembangkan. Data pengembangan kawasan industri ini akan digunakan untuk memprediksi pertambahan volume lalu lintas dari Lalu lintas Harian Rata – rata dan beban kendaraan dari ukuran kendaraan serta kebutuhan infrastruktur di lokasi studi. Data kendaraan yang ada kemudian digunakan untuk mengevaluasi kinerja jalan dengan memperhitungkan derajat kejenuhan kondisi eksisting dalam tahun rencana. Prediksi lalu lintas harian rata-rata pada tahun rencana digunakan untuk memperkirakan struktur perkerasan yang diperlukan. Dari hasil penelitian, dengan pertumbuhan lalu lintas (i=3,53%), bangkitan area industri 3174 kendaraan/hari dengan umur rencana 14 tahun (2016 – 2030) maka dapat diusulkan untuk peningkatan jalan ruas Balerejo – Muneng. Peningkatan jalan terdiri atas pelebaran jalan dari lebar efektif 5 m 2/2 UD menjadi 7 m 2/2 UD dan perkerasan jalan dari ACWC 4 cm, ACBC 6 cm, rigid 20 cm menjadi perkerasan overlay ACWC 4 cm, ACBC 6 cm. Selain perkerasan overlay juga perkerasan pelebaran yang terdiri atas ACWC 5 cm, ACBC 22 cm, CTB 15 cm dan LPA kelas A 15 cm. Pada tahun 2026 pekerjaan pelebaran jalan sudah harus dilakukan.
========================================================================================================
Road section Balerejo - Muneng is a part of Madiun District road network, flexible pavement type and has a width of 5 m. This road was originally planned without development of considering possibility rise of industrial areas. They change their plan due to the industrial area , which is part of economic development on Madiun District. It will affect on the volume and the size of vehicles using the road. So it 's important to analysis the performance of the road section, including the capacity and the structure to be able in serving the predicted traffic volume . Data on Industrial development area will be used to predict the increasing of traffic volume based on the Average Daily Traffic and vehicle load based on the size of the vehicle. Traffic data is then used to evaluate the performance of the road by calculating the degree of saturation of existing conditions in the plan. The number and type of vehicle are used to estimate the existing pavement structure. From the research, with traffic growth (i = 3.53%), generation industrial area of 3174 vehicles / day with a design life of 14 years (2016-2030) can be proposed for the improvement of road segments Balerejo - Muneng. Improved road consists of widening the road from the effective width of 5 m 2/2 UD to 7 m 2/2 UD and the pavement of the ACWC 4 cm, 5 cm ACBC, Rigid 20 cm into a pavement overlay ACWC 4 cm, 6 cm ACBC. In addition to widening pavement pavement overlay also consisting of ACWC 5 cm, 22 cm ACBC, CTB 15 cm and 15 cm LPA class A. The prediction result indicate that in year 2026 the widening and overlay should be started
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTS 625.76 Sis a |
Uncontrolled Keywords: | Peningkat aset, Jalan akses, Kineja jalan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Yeni Anita Gonti |
Date Deposited: | 14 May 2020 11:40 |
Last Modified: | 14 May 2020 11:40 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/75986 |
Actions (login required)
View Item |