Analisis Kualitas Perjalanan Akses Bandara Internasional Juanda Terkait Perkembangan Tata Guna Lahan Kota Surabaya

Rahayu, Yoanita Eka (2016) Analisis Kualitas Perjalanan Akses Bandara Internasional Juanda Terkait Perkembangan Tata Guna Lahan Kota Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114206008-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114206008-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan waktu, transportasi dan penggunaan lahan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja dari sistem transportasi diperlukan beberapa indikator. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kualitas perjalanan antara lain waktu tempuh dan kecepatan. Terkait dengan situasi ini, maka perlu dilakukan penelitian mengenai seberapa besar pengaruh perubahan tata guna lahan Kota Surabaya terhadap berubahnya waktu perjalanan akses menuju Bandara Internasional Juanda. Perubahan tata guna lahan diamati dengan menggunakan citra satelit Google Earth untuk mengetahi perubahan volume penggunaan land use pada tahun 2010-2015. Sedangkan untuk mendapatkan analisis derajat kejenuhan diperoleh dari penggunaan kecepatan sebagai variabel penentu DS pada grafik MKJI. Dari hasil analisis perhitungan secara keseluruhan didapatkan volume bangkitan tahun 2010 yang paling besar terdapat di Jl. Mayjend Sungkono yaitu 1910,87 smp/jam dan tahun 2015 sebesar 3693,41 smp/jam. Perubahan nilai DS tahun 2010 dan 2015 persentase kenaikan paling besar terdapat di jalan dengan kelas Kolektor Primer sebesar 42% dan Arteri Primer sebesar 30%, sehingga diketahui nilai volume perubahan land use pada tahun 2010-2015 yang tertinggi terjadi di Jl. Ahmad Yani sebesar 38.739,86 smp/jam. Perhitungan analisis kualitas perjalanan didapatkan perubahan nilai travel time akses menuju bandara (T1) pada tahun 2010 dan 2015 yang paling signifikan terjadi di rute 6 dengan perubahan waktu tempuh sebesar 14 menit dan setelah dioperasikannya Terminal 2, perbedaan nilai travel time akses menuju bandara (T1 dan T2) pada tahun 2015 diketahui yang paling signifikan terjadi di rute 4 dengan perubahan waktu tempuh sebesar 18 menit. Perubahan nilai waktu tempuh rute akses menuju bandara disimpulkan terdapat beberapa rute yang tidak mempunyai perubahan pada land use tetapi dapat dijadikan sebagai alternatif rute pilihan dengan waktu tempuh perjalanan yang lebih singkat. Hal itu diperkuat dari penggambaran grafik yang dilakukan pada tahun 2010 dan 2015 rute 1,2,3,4 dan 11 yang melewati Jalan Tol/Jalan Bebas Hambatan terbilang tidak mempunyai perubahan waktu tempuh yang signifikan selama 5 tahun.
========================================================================================================
Along with the time development, transportation and land use becomes an integral part. To measure the success rate the performance of the transportation system required several indicators. Some factors that may affect the level of quality of the trip include travel time and speed. Related to this situation, it is necessary to do research on how much influence land use change Surabaya to changing travel time access to Juanda International Airport. Land use changes observed using Google Earth satellite imagery to pinpoint which changes the volume of land use in 2010-2015. Meanwhile, to get the analysis of the degree of saturation obtained from the speed as the determining variable in the chart MKJI DS. From the analysis of the overall calculation of the volume of seizures in 2010 found that most of these are in Jl. Mayjend Sungkono is 1910.87 smp/hours and 2015 amounted to 3693.41 smp/hours. Changes in the value of DS 2010 and 2015 the greatest percentage increase are on the road with a grade of 42% Primary collectors and primary artery by 30%, in order to know the value of volume changes in land use in 2010-2015 were highest in Jl. Ahmad Yani amounting to 38739.86 smp/hours. Calculation analysis of the ride quality is obtained changes in the value of travel time access to the airport (T1) in 2010 and 2015 the most significant occurred on Route 6 with changes in travel time by 14 minutes and after the operation of Terminal 2, the difference in the value of travel time access to the airport (T1 and T2) in 2015 known most significant happening in these 4 with changes in travel time by 18 minutes. Changes in the value of travel time access to the airport concluded there are some who do not have these changes in land use but can be used as an alternate route selection with travel time shorter. It strengthened from a graphical representation conducted in 2010 and 2015 s 1,2,3,4 and 11 passing through the Toll Road / Highway regarded not have a significant change in travel time for 5 years.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTS 388.068 Rah a-1
Uncontrolled Keywords: Kualitas perjalanan, Bangkit, Akses bandara, Waktu tempuh (travel time), Kecepatan , Derajat kejenuan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE336.C5 Choice of transportation
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 14 May 2020 12:33
Last Modified: 14 May 2020 12:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75988

Actions (login required)

View Item View Item