SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SPASIAL BERBASIS WEB UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT RISIKO PRODUKSI PADI DI JAWA TIMUR

MAULIDIYAH, RATNA (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SPASIAL BERBASIS WEB UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT RISIKO PRODUKSI PADI DI JAWA TIMUR. In: Tugas Akhir.

[img]
Preview
Text
1210100021-paper.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1210100021-presentation.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan yang tepat dalam manajemen risiko produksi padi merupakan hal yang sangat penting dalam perencanaan pertanian, terutama bagi negara agraris seperti Indonesia. Keputusan yang baik akan diperoleh apabila data pendukung yang dibutuhkan terpenuhi dan menggunakan metode yang tepat. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan suatu Sistem Pendukung Keputusan Spasial yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat risiko produksi padi di suatu kabupaten sentra produksi padi di Jawa Timur dengan menggunakan Model Regresi OLS dan Copula. Sistem yang dibuat berbasis web sehingga informasi dapat dengan mudah diakses dan dipahami. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modelmodel yang digunakan berhasil memprediksi luas panen skenario di suatu kabupaten sentra produksi padi di Jawa Timur pada waktu tertentu berdasarkan kondisi dan perubahan iklim suatu wilayah, sehingga dapat diketahui prediksi nilai produksi padi beserta tingkat risikonya. Sistem menghasilkan keluaran berupa prediksi tingkat risiko produksi masing-masing kabupaten yang dapat digunakan sebagai salah satu pendukung keputusan bagi pihak yang berwenang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: General Circulation Model, Tingkat Risiko Produksi, Sentra Produksi Padi, Sistem Informasi Geografis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 May 2016 19:57
Last Modified: 27 Dec 2018 02:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item