Implementasi Velocity Aware AOMDV Menggunakan NS-2 Pada Lingkungan Vanet

Pradnyana, I Putu (2016) Implementasi Velocity Aware AOMDV Menggunakan NS-2 Pada Lingkungan Vanet. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100128-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100128-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Topologi jaringan pada VANET berubah dengan sangat cepat
sehingga routing protocol yang digunakan harus sangat adaptif terhadap
perubahan. AOMDV adalah sebuah varian dari AODV yang
memberikan lebih dari satu jalur dari sumber ke tujuan. Tetapi dalam
kondisi topologi yang berubah dengan cepat pada VANET implementasi
AOMDV harus lebih dioptimasi. Salah satu variabel
yang dapat digunakan untuk mengoptimasi kinerja AOMDV adalah
kecepetan kendaraan.
Dalam buku tugas akhir ini penulis menjelasan implementasi
dari HM-AOMDV (High Mobility Ad hoc On-Demand Multipath
Distance Vector) dalam NS-2. HM-AOMDV adalah implementasi
AOMDV yang menggunakan kecepatan kendaraan sebagai variabel
optimasi. HM-AOMDV menggunakan jumlah hop dan kecepatan
relatif dari tiap kendaraan untuk memilih rute terbaik untuk mengirim
data.
Dari uji coba yang dilakukan, HM-AOMDV memberikan rata
- rata PDR (Packet Delivery Ratio) hingga lebih baik 8,5% hingga
10% dibandingkan AOMDV.
==================================================================================================================
Topology in VANET is changing very fast making the routing
protocol used had to be very adaptive to changes. AOMDV is a
variant of AODV that implement multiple path from source to destination.
But in the quickly ever changing topology of VANET the
AOMDV implementatin have to be optimized. One variable that can
be used to optimize AOMDV is the vehicles speed.
In this thesis writer explain the implementation of HM-AOMDV
(High Mobility Ad hoc On-Demand Multipath Distance Vector) in
NS-2. HM-AOMDV is AOMDV implementation that use the vehicles
speed as an optimization variable. HM-AOMDV uses hop count
and relative speed of the vehicles to choose the best route to
send data.
The result of experiment pointed that the average PDR (Packet
Delivery Ratio) of HM-AOMDV are 8,5% to 10% better than AOMDV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 621.384 6 Pra i
Uncontrolled Keywords: VANET; AOMDV; NS-2; HM-AOMDV
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.335 Communication systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 27 May 2020 02:32
Last Modified: 27 May 2020 02:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76034

Actions (login required)

View Item View Item