Santoso, Dwi Bowo Budi (2007) Analisa Teknis Konversi Kapal Pinisi Sebagai Kapal Pariwisata Di Daerah Pelayaran Ambon-Kep. Banda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
|
Text
4101100058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (268kB) | Preview |
Abstract
Kapal Pinisi adalah salah satu jenis kapal layar yang digunakan sebagai kapal General Cargo. Kapal Pinisi merupakan kapal tradisional asli Indonesia, karena kapal ini sudah ada sejak dahulu kala. Oleh karena itu, dengan nilai sejarah dan tradisional, kapal Pinisi mempunyai daya tarik tersendiri apabila digunakan sebagai kapal pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan telah eksisnya kapal Pinisi yang digunakan untuk pariwisata di daerah di Benoa – Lombok. Dalam tugas akhir ini penulis mencoba menganalisa permasalahan konversi kapal Pinisi menjadi kapal pariwisata dan mendapatkan solusi untuk permasalahan tersebut. Sebagai obyek pariwisata, penulis memilih daerah perairan Ambon – Kepulauan Banda, karena potensi wisata bahari yang cukup besar dari daerah tersebut. Konversi kapal general cargo menjadi kapal pariwisata, dari segi teknis akan menyebabkan perubahan pada berat ligthweight dan deadweight kapal. Perubahan ligthweight dan deadweight kapal konversi ini menyebabkan berubahnya berat kapal keseluruhan dan tinggi sarat kapal. Oleh karenanya perlu dilakukan analisa teknis pada kapal hasil konversi ini, antara lain analisa lambung timbul dan analisa stabilitas. Sedangkan dari segi ekonomis, perubahan fungsi dari kapal general cargo menjadi kapal pariwisata harus diikuti oleh peningkatan profit kapal juga. Biaya konversi kapal juga harus dibandingkan dengan biaya pembangunan kapal baru. Jadi perlu dilakukan analisa dari segi ekonomis apakah konversi kapal general cargo menjadi kapal pariwisata layak dilakukan. Hasil akhir dari tugas akhir ini, didapatkan suatu desain kapal Pinisi yang layak, baik dari segi teknis maupun ekonomis, untuk memenuhi kebutuhan pariwisata di daerah Ambon – Kepulauan Banda. Ukuran utama kapal pinisi pariwisata yang layak beroperasi di daerah Ambon –Kep. Banda adalah : • LDECK : 40.20 m • LPP : 33.00 m • LWL : 36.00 m • B : 9.85 m • H : 4.10 m • T : 3.50 m • Kapasitas : 14 orang Dengan kondisi titik impas tercapai pada tahun ke -3 dengan nilai cummulative cash flow mencapai Rp. 1,252,000,000, ================================================================================================================== Pinisi is one of sailing vessel which is ussually used as a General Cargo Ship. It is most famous traditional vessel in Indonesia, because it has been built since long years ago. So it has special value for tourism vessel. It is proved by the existence of the same vessel which is operated at Benoa – Lombok. This final project analyze the conversion of Pinisi from General Cargo Vessel. As the tourism object, author choose Ambon-Banda archipelago, because it have a lot of maritim tourism potential. The ship conversion from general cargo vessel to tourism vessel in technical aspect will change lightweight and deadweight of ship. It causes the change of the total weight and draught of ship. Therefore, technical analysis is needed in this conversion result, such as freeboard and stability analysis. On economic analysis, the change of function from General Cargo Vessel to Tourism Vessel must be followed with the increase of profit. The cost of conversion must be compared with the new building cost. The result of this final project is a appropriate design of Pinisi from technical and economical analysis aspect, for tourism on Ambon – Banda archipelago. Principal dimension of pinisi tourism ship where feasible to operate on Ambon – Banda archipelago is : • LDECK : 40.20 m • LPP : 33.00 m • LWL : 36.00 m • B : 9.85 m • H : 4.10 m • T : 3.50 m • Capacity : 14 orang With condition of break event point occurs on year of 3th with value of cumulative cash flow Rp.1.252.000.000
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.820 7 San a |
Uncontrolled Keywords: | pinisi, konversi, general cargo, pariwisata |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:33 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:33 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |