Studi Variasi Perletakan Foil Belakang Di Arah Vertikal Dan Sudut Serang Untuk Meningkatkan Gaya Angkat Dan Mengurangi Hambatan Kapal Hydrofoil

., Apriansyah (2016) Studi Variasi Perletakan Foil Belakang Di Arah Vertikal Dan Sudut Serang Untuk Meningkatkan Gaya Angkat Dan Mengurangi Hambatan Kapal Hydrofoil. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4114203010-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan hydrofoil pada kapal berfungsi mengurangi tahanan gesek lambung kapal. Kapal dengan hydrofoil memiliki kelebihan, jika kapal melaju dengan kecepatan tinggi hydrofoil memproduksi gaya angkat sehingga lambungya terangkat dan keluar dari air. Pada penelitian ini, penulis mendesain foil belakang yang optimum. Penelitian yang dilakukan adalah dengan megoptimasi ukuran foil dan memvariasikan jarak foil belakang di arah vertikal terhadap sarat (T) kapal. Dengan ukuran foil yang optimum serta jarak foil belakang terhadap sarat kapal yang optimum mengakibatkan foil belakang dapat menangkap aliran fluida yang cukup untuk menghasilkan gaya angkat yang maksimum. Studi pengaruh penempatan foil belakang dilakukan dengan software CFD dengan mempertimbangkan tiga variasi penempatan foil belakang. Posisi foil depan dipertahankan konstan di semua variasi. Foil belakang dengan posisi paling dalam memiliki nilai lift force terbesar. Namun, rasio lift dan drag dari sistem foil (strut, foil depan, foil belakang) menunjukkan bahwa posisi foil belakang yang paling dekat dengan lambung kapal memiliki nilai tertinggi, yang merupakan variasi posisi perletakan yang paling optimal ============================================================================================= The hydrofoil on a boat used for reducing the frictional resistancel. Boats with hydrofoil has its advantages, if the boat at high speed, hydrofoil produces the lifting force so that the hull was lifted in and out of the water, such that the boat wetted surface area is reduced and so is the viscous resistance. Effects of the placement of the stern foil in the vertical direction are studied by using computational fluid dynamics and by considering three alternative stern foil placements. The position of the front foil is kept constant in all the alternatives. The deepest stern foil placement results in the highest lift force of the stern foil. However, considering the lift-to-drag ratio of the whole front-stern-foil and strut system, the shallowest stern foil placement results in the highest lift-to-drag ratio, which is the most optimum alternative

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.820 4 Apr s-1
Uncontrolled Keywords: Hydrofoil, foil belakang, gaya angkat, sudut serang, jarak foil.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM362 Hydrofoil boats.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 10 Jun 2020 06:22
Last Modified: 10 Jun 2020 06:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76129

Actions (login required)

View Item View Item