Ibrohim, Fariz (2016) Studi Eksperimen Pengeruh Variasi Kecepatan Putaran Kompresor Pada Sistem Pengkondisian Udara Dengan Pre-Cooling. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
2114105010-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Indonesia adalah negara beriklim tropis dimana
temperatur udaranya cukup tinggi sehingga penggunaan akan
sistem pendingin dan pengkondisian udara (Air Condtioning)
sangatlah di butuhkan. Eksperimen kali ini adalah memodifikasi
sistem pengkondisian udara biasa menjadi sistem yang baru
dengan 2 (dua) unit evaporator dan 1 (satu) unit outdoor serta
ditambah pre-cooling yang bertujuan untuk menaikkan performa
dari sistem pengkondisian udara. Salah satu cara menaikkan
perfroma sistem pengkondisian yang sudah dimodifikasi adalah
dengan cara menvariasikan kecepatan putaran kompresor
sehingga didapatkan performa yang maksimum.
Memvariasi kecepatan putaran kompresor yang akan
berdampak pada berubahnya mass flow rate refrigeran sehingga
kapasitas kondensor dan kapasitas evaporator akan berubah.
Oleh karena itu, eksperimen ini akan melakukan variasi pada
sistem modifikasi yang sama dengan 5 (lima) kecepatan putaran
kompresor yang berbeda, yaitu: 1800 rpm, 2100 rpm, 2400 rpm,
2700 rpm dan 3000 rpm. Ekpermen ini akan dilakukan pada
masin-masing kecepatan fan evaporator dengan pengambilan
data 20 kali pada 13 titik pengukuran untuk sekali variasi.
Hasil yang didapat dari studi eksperimen pengaruh variasi
kecepatan putaran kompresor pada sistem pengkondisian udara
dengan precooling memiliki performa untuk kecepatan fan low
COP sebesar 5,097 dan HRR sebesar 1,175, untuk kecepatan fan
medium COP sebesar 5,103 dan HRR sebesar 1,176, dan untuk
kecepatan fan low COP sebesar 5,201 dan HRR sebesar 1,175.
Performa maksimum baik untuk kecepatan fan low, medium, dan
high dari sistem yang telah dimodifikasi tersebut dicapai pada
kecepatan putaran 3000 rpm dengan performa efisiensi kompresor
adalah 73%, COP thermal adalah 5,09, COP elektrik adalah 4,39,
HRR adalah 1,17, effectiveness 0,66 dan NTU 1,56
============================================================================================
Indonesia is known as a tropical country which has a
quiet high temperature, thus the use of cooling system and air
conditioning is absolutely needed. In this experimental study, tried
to modify ordinary air conditioning system to be a new one by 2
(two) evapotaror units with 1 (one) outdoor unit and adding precooling
which was to increase the performance of air conditioning
system. One of ways to increase the performance of air
conditioning system, which has been modified, is by varying its
compressor rotation speed so that the performance of air
conditioning system is in maximum.
Varying compressor rotation speed will affect changes in
refrigerant mass flow rate. That condition also makes changes
both in condenser capacity and evaporator capacity. Therefore,
in this experiment, varied modification system which was similar
to 5 various compressor rotation speeds, which was 1800 rpm,
2100 rpm, 2400 rpm, and 3000 rpm. This experiment was done in
each fan evaporator speed. The writer took up to 20 data with 13
measurement point for 1 variation.
The result of this experimental study showed that the
performance of air conditioning system reached its fan low speed
up to 5,097 of COP, and 1,175 of HRR; fan medium speed reached
up to 5,103 of COP and 1,176 of HRR; and fan high speed reached
up to 5,201 of COP and 1,175 of HRR. Maximum performance in
fan low speed, fan medium speed, and fan high speed from those
modified systems were resulted from 3000 rpm of rotation speed with the performance compressor efficiency up to 73%, 5,09 of
COP thermal, 4,39 of electric COP, 1,17 of HRR, 0,66 of
effectiveness 0,66 and 1,56 of NTU
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 697.93 Ibr s |
Uncontrolled Keywords: | Sistem pengkondisian udara, modifikasi, kecepatan putaran kompresor, performa |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL681.A5 Air conditioning (Aeronautics ) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 02:34 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 02:34 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76139 |
Actions (login required)
View Item |