Pradana, Muhammad Yuli (2016) Analisa Konfigurasi Jumlah Tiang Pancang Miring Terhadap Kekuatan Struktur Breasting Dolphin Desa Sedayu Lawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
4312100059-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Desa Sedayu Lawas kecamatan Brondong kabupaten Lamongan sedang di
rencanakan pembangunan sebuah terminal khusus muatan curah cair guna
mengangkut bahan bakar minyak. Daerah perairan di laut jawa yang tenang
menjadi pilihan para pengembang untuk mendirikan industry pesisir di daerah
pesisir utara pulau jawa. Terkait dengan besarnya kapal yang mengangkut bahan
bakar maka diperlukan kedalaman yang mencukupi untuk membangun dermaga
yang berfungsi untuk kapal bersandar. Dermaga yang akan dibangun adalah tipe
dermaga jetty dengan komponen struktur berupa breasting dolphin, mooring
dolphin, trestle, dan causeway. Analisa yang akan dilakukan pada tugas akhir ini
adalah analisa pada breasting dolphin. Pada tahap awal untuk analisa diperlukan
dahulu data dan literature untuk perhitungan. Data yang dibutuhkan antara lain
data batimetri, angin, tanah, dan spesifikasi kapal yang bersandar. Selanjutnya
dilakukan perhitungan guna mengetahui elevasi, gaya gelombang, gaya arus, gaya
gempa, gaya sandar kapal dan daya dukung tanah. Setelah perhitungan maka
dilakukan permodelan dengan software SAP 2000. Selanjutnya akan ditenukan
konfigurasi yang efisien dan kuat untuk menahan benturan kapal dan beban
lainnya yang terjadi. Standar yang digunakan dalam perhitungan kali ini antara
lain SNI 03-1726-2012, SNI 03-2847-2002, dan AISC-ASD89
==============================================================================================
In sedayu lawas village has planned to build jetty in chase of storing oil.
Javanese sea has decided to build a jetty because of the calm condition of sea. In
fact the size of ship that anchored, developer need the efective depth in case the
draft of ship that allowed. The port that will be build from developer is jetty that
has many components like breasting dolphin, mooring dolphin, loading arm,
trestle, and cause way. The analysis that will be taken to this research is for
breasting dolphin structure. For the first step we analysing data and literature that
appropriate to the topic. Data which we need are bathimetri, soil, wind,and ship
that anchored. After that we need to calculate elevation based on environment
condition, wave force, current force, earth quake force, berthing force and bearing
capacity. The next step is modelling the structure on SAP 2000. For the last step
we choose the configuration that eficien throgh the structure. Standards that be
used for this calculation are SNI 03-1726-2012, SNI 03-2847-2002, dan AISCASD89
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 627.31 Pra a |
Uncontrolled Keywords: | breasting dolphin, Jetty, struktur, konfigurasi, efisien, kapal, SAP 2000, standar |
Subjects: | T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 00:16 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 00:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76157 |
Actions (login required)
View Item |