Analisa Konfigurasi Jumlah Tiang Pancang Miring Terhadap Kekuatan Struktur Breasting Dolphin Desa Sedayu Lawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

Pradana, Muhammad Yuli (2016) Analisa Konfigurasi Jumlah Tiang Pancang Miring Terhadap Kekuatan Struktur Breasting Dolphin Desa Sedayu Lawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
4312100059-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Desa Sedayu Lawas kecamatan Brondong kabupaten Lamongan sedang di rencanakan pembangunan sebuah terminal khusus muatan curah cair guna mengangkut bahan bakar minyak. Daerah perairan di laut jawa yang tenang menjadi pilihan para pengembang untuk mendirikan industry pesisir di daerah pesisir utara pulau jawa. Terkait dengan besarnya kapal yang mengangkut bahan bakar maka diperlukan kedalaman yang mencukupi untuk membangun dermaga yang berfungsi untuk kapal bersandar. Dermaga yang akan dibangun adalah tipe dermaga jetty dengan komponen struktur berupa breasting dolphin, mooring dolphin, trestle, dan causeway. Analisa yang akan dilakukan pada tugas akhir ini adalah analisa pada breasting dolphin. Pada tahap awal untuk analisa diperlukan dahulu data dan literature untuk perhitungan. Data yang dibutuhkan antara lain data batimetri, angin, tanah, dan spesifikasi kapal yang bersandar. Selanjutnya dilakukan perhitungan guna mengetahui elevasi, gaya gelombang, gaya arus, gaya gempa, gaya sandar kapal dan daya dukung tanah. Setelah perhitungan maka dilakukan permodelan dengan software SAP 2000. Selanjutnya akan ditenukan konfigurasi yang efisien dan kuat untuk menahan benturan kapal dan beban lainnya yang terjadi. Standar yang digunakan dalam perhitungan kali ini antara lain SNI 03-1726-2012, SNI 03-2847-2002, dan AISC-ASD89 ============================================================================================== In sedayu lawas village has planned to build jetty in chase of storing oil. Javanese sea has decided to build a jetty because of the calm condition of sea. In fact the size of ship that anchored, developer need the efective depth in case the draft of ship that allowed. The port that will be build from developer is jetty that has many components like breasting dolphin, mooring dolphin, loading arm, trestle, and cause way. The analysis that will be taken to this research is for breasting dolphin structure. For the first step we analysing data and literature that appropriate to the topic. Data which we need are bathimetri, soil, wind,and ship that anchored. After that we need to calculate elevation based on environment condition, wave force, current force, earth quake force, berthing force and bearing capacity. The next step is modelling the structure on SAP 2000. For the last step we choose the configuration that eficien throgh the structure. Standards that be used for this calculation are SNI 03-1726-2012, SNI 03-2847-2002, dan AISCASD89

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.31 Pra a
Uncontrolled Keywords: breasting dolphin, Jetty, struktur, konfigurasi, efisien, kapal, SAP 2000, standar
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 16 Jun 2020 00:16
Last Modified: 16 Jun 2020 00:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76157

Actions (login required)

View Item View Item