Studi Karakteristik Hidrodinamika Kapal Ikan Tradisional Di Perairan Puger Jember

Puspita, Hery Indria Dwi (2016) Studi Karakteristik Hidrodinamika Kapal Ikan Tradisional Di Perairan Puger Jember. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4114203003-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
4114203003-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengrajin kapal ikan tradisional di Puger Kabupaten Jember pada dasarnya hanya memodifikasi dari desain kapal sebelumnya dengan dasar keterampilan yang didapatkan dari turun-temurun pendahulunya, karena kapal ikan tradisional di Puger tidak ada proses formal dalam pembangunan kapal sehingga diperlukan studi karakteristik hidrodinamika untuk kapal ikan tradisional tersebut. Karakteristik tersebut meliputi hambatan dan seakeeping. Pada penelitian ini mengevaluasi hambatan dan seakeeping untuk bentuk lambung kapal ikan tradisional di Puger sehingga dapat memberikan informasi mengenai hidrodinamika dari kapal ikan tradisional di Puger. Tujuan memberikan informasi mengenai desain kapal ikan yang lebih baik dari segi hambatan dan seakeeping untuk pelayaran kapal ikan di perairan Puger sehingga mampu meningkatkan faktor keselamatan nelayan pada saat berlayar dan menangkap ikan. Dari hasil analisa ketiga kapal Puger dengan metode CFD, kapal-1 pada kecepatan 7 knot memiliki hambatan 1.862 kN, kapal-2 memiliki hambatan 3.989 kN, dan kapal-3 memiliki hambatan 3.293 kN. Sehingga dapat diketahui kapal yang memiliki hambatan paling besar adalah kapal-2. Bila ditinjau dari olah gerak ketiga model kapal, pada dasarnya dapat diketahui yang mempunyai kualitasnya yang cukup baik merupakan kapal-2. Hal tersebut dapat dilihat dari mode gerakan pitch dan roll. Pada gerakan pitch untuk kapal-2 memiliki nilai RAO maksimum pada sudut 180º pada kecepatan 7 knot adalah 1.090 deg/m pada frekuensi 1.657 rad/s, sedangkan untuk gerakan roll kapal-2 memiliki nilai RAO pada sudut 90º pada kecepatan 7 knot adalah 6.500 deg/m pada frekuensi 1.567 rad/s.
========================================================================================================
Traditional fishing vessel makers in Puger basically only modified from the ship design in the past using a base skills that obtained from hereditary its predecessor. Because traditional fishing vessel in Puger have not formal process on build ship, so hydrodynamics characteristic study of the traditional fishing vessel is needed. The study is required to analyze the ship hull from resistance and seakeeping aspect. In this research, author evaluated resistance and seakeeping of ship hull of traditional fishing vessel in Puger so that it can give information about hydrodynamic of traditional fishing vessel in Puger. Aimed to give information about a better design of fishing vessel according to its resistance and seakeeping. So, it can increase safety of fisherman when he sailed and caught fishes. From the analysis result of three of Puger’s ship with CFD method, ship-1 with velocity 7 knots has resistance 1.862 kN, ship-2 has resistance 3.989 kN, and ship-3 has resistance 3.293 kN. So, we know that ship-2 has the biggest resistance. If considered from seakeeping of the three ships, basically known that ship-2 has enough good quality. It can be seen by its pitch and roll motion. Based on its pitch motion, ship-2 with RAO value in angle 180º and velocity 7 knots is 1.090 deg/m in wave frequency 1.657 rad/s, while for roll motion ship-2 has RAO value in angle 90º and velocity 7 knots is 6.500 deg/m in wave frequency 1.567 rad/s

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.828 2 Pus s
Uncontrolled Keywords: Hidrodinamika, Hambatan, Seakeeping, RAO, CFD
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:50
Last Modified: 15 Jun 2020 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76159

Actions (login required)

View Item View Item