Pemodelan Gerak Belok Steady State Dan Transient Pada Kendaraan Empat Roda

Prayitno, Yansen (2016) Pemodelan Gerak Belok Steady State Dan Transient Pada Kendaraan Empat Roda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112100038-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan pesat di bidang industri kendaraan harus diimbangi oleh kemajuan ilmu pengetahuan bidang otomotif, khususnya pada bidang simulasi dinamika kendaraan. Hasil simulasi dari pemodelan dinamika kendaraan dapat digunakan untuk mengetahui respon dan karakteristik kendaraan terhadap perintah pengendara maupun gangguan jalan. Untuk melakukan simulasi tersebut, dibutuhkan sebuah model dinamis yang dapat merepresentasikan sebuah kendaraan, dimana model tersebut tersusun dari persamaan-persamaan matematis yang bersesuaian. Pengembangan model dinamis kendaraan juga sangat penting dalam dunia industri, mengingat tuntutan untuk mengubah metode pengembangan dan pengujian kendaraan yang lama (menggunakan prototipe asli kendaraan) menjadi metode-metode yang modern (menggunakan model virtual dan software). Perubahan ini dimaksudkan untuk menghindari manuver-manuver pengujian yang berbahaya sekaligus juga menekan biaya yang disebabkan oleh produksi prototipe uji. Topik tugas akhir ini adalah pemodelan gerak belok kendaraan empat roda, dengan menggunakan jenis pemodelan kendaraan single-track. Gerak belok kendaraan dianalisis pada dua kondisi, yaitu kondisi steady-state dan transient. Gaya-gaya pada kendaraan disusun dalam free body diagram dan didapatkan persamaan-persamaan matematis yang bersesuaian. Persamaan tersebut kemudian dinyatakan dalam kode pemrograman, perintah fungsi, dan blok diagram pada software numerik. Kecepatan kendaraan dan sudut kemudi dijadikan sebagai input dari model tersebut, yang bernilai konstan pada analisis steady state, dan berupa fungsi waktu pada analisis transient. Kode pemrograman dan blok diagram selanjutnya disimulasikan pada software numerik Hasil simulasi tersebut kemudian divalidasikan dengan literatur dan jurnal-jurnal hasil penelitian terdahulu. Dari tugas akhir ini, dihasilkan model dinamis gerak belok kendaraan empat roda pada kondisi steady state dan transient. Hasil simulasi berupa karakteristik kemudi kendaraan; grafik yaw rate, sudut slip, dan radius belok kendaraan baik 2D maupun 3D; kecepatan kritis kendaraan oversteer, serta visualisasi lintasan belok kendaraan. Model kendaraan tersebut selanjutnya digunakan untuk studi kasus analisis kendaraan empat roda, yaitu mobil multiguna pedesaan GEA dengan memasukkan nilai-nilai dari parameter kendaraan yang sesuai. ================================================================================================================== Rapid development in the vehicle industry must be accompanied by the development in automotive engineering study field, especially in vehicle dynamics simulation study field. The simulation results of vehicle dynamics model can be used to understand vehicles’ response to driver’s steering command as well as road disturbances. To perform these simulations, a dynamic model that can represent the real vehicle is needed, where the model is composed of the corresponding mathematical equation. The development of a vehicle’s dynamic model is also very important in the industrial world, given the demand to change the old methods of vehicle development and testing (using the real prototype vehicle) into modern methods (using virtual models and software). These changes are intended to avoid dangerous testing maneuvers and to reduce costs caused by the production of the prototype testing vehicle. This final project’s topic is modeling the four-wheel vehicle’s cornering motion, using the single-track model. Vehicle cornering motion is analyzed in two different conditions, namely steady-state and transient response. Free body diagram of the vehicle is arranged and analyzed, then the corresponding mathematical equations is obtained. Those equations are stated in the form of functions and block diagram in such a numerical software. Vehicle’s velocity and steering angle are applied as an input, whose value are constant in the steady state analysis, and formed by time function in the transient analysis. The dynamic models are then being ran in the numerical software. Simulation results are obtained and being validated by the corresponding literatures and vehicle dynamic journals. From this final project, the steady state and transient cornering model of four-wheel vehicle are formed. The output of the simulation are vehicle’s steering characteristic, turning radius, yaw rate and side slip graph. Also the value of OS vehicle’s critical speed and visualization of vehicle’s turning trajectory. The models are then used for analyzing the GEA car by using the corresponding car parameter value as an input.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.221 Pra p
Uncontrolled Keywords: Model dinamis; gerak belok; steady state; transient; model single-track
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:23
Last Modified: 22 Jun 2020 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76192

Actions (login required)

View Item View Item