Nugroho, Yunias Rizki (2016) Sistem Pengendalian Suspensi Semi-Aktif Variable Stiffness & Variable Damping (Vsvd) Dengan Menggunakan Full State Feedback Control & Pid Kontroller. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
Preview |
Text
2114105048-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kenyamanan sebuah kendaraan merupakan hal yang
menjadi pertimbangan penting dalam mendesain dan memilih
sebuah kendaraan. Hal tersebut yang menjadi tantangan bagi
para desainer untuk mengembangkan suatu model sebuah
kendaraan yang memiliki tingkat kenyamanan yang baik. Sistem
suspensi merupakan komponen utama pada sebuah kendaraan
yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan dan keamanan dalam
berkendara. Desain suspensi yang baik dapat memberikan
kenyamanan yang baik dalam berkendara. Suspensi aktif
merupakan salah satu terobosan yang luar biasa di dalam dunia
otomotif untuk meningkatkan kualitas kenyamanan dalam suatu
kendaraan. Kekurangan dari aktif suspensi adalah penggunaan
energi yang besar dalam pengoperasiannya. Suspensi semi-aktif
merupakan sebuah alternatif yang dapat digunakan untuk
memperoleh tingkat kenyamanan yang baik namun memiliki
konsusmsi energi yang cukup rendah dibanding suspensi aktif.
Hasil dari penelitian sebelumnya telah didapatkan model
konstruksi sistem suspense semi aktif Variable Stiffness &
Variable Damping (VSVD). Sistem suspensi VSVD adalah jenis
sistem suspensi yang mampu merubah nilai dari k ekivalen (keq)
dengan cara merubah koefisien dari peredamnya
(Magnetorheological damper). Berdasarkan beberapa penelitian
yang telah dilakukan, telah dapat disimpulkan bahwa system
suspense VSVD mampu memiliki performa yang lebih baik
daripada suspense pasif, namun sampai saat ini masih sedikit
yang membahas bagaimana cara mengendalikan suspensi VSVD
tersebut.
Pada penelitian tugas akhir ini dibahas tentang bagaimana
cara mendesain sistem kendali untuk suspensi VSVD dengan
menggunakan full state feedback control dan PID controller agar
didapat performa kenyamanan yang lebih baik daripada sistem
suspensi pasif. Hasil dari simulasi dan pemodelan tersebut
didapatkan hasil bahwa suspensi semi aktif VSVD memiliki
performa lebih baik daripada suspensi pasif. hal tersebut dapat
dilihat dari hasil simulasi dengan kecepatan 100 km/jam sistem
suspensi semi-aktiv VSVD dengan controller memiliki RMS
percepatan sebesar 0,2046 m/s2 dan defleksi maksimum dari .
sedangkan RMS percepatan pada suspensi pasif adalah sebesar
1,6 m/s2
==============================================================================================
The comfort of a vehicle which is an important
consideration in designing and choosing a vehicle. Which is
a challenge for designers to develop a model of a vehicle
that has a good level of comfort. The suspension system is a
major component in a vehicle that serves to maintain the
comfort and safety in driving. Good suspension design can
provide good comfort in driving. Active suspension is a
tremendous breakthrough in the automotive world to
improve the quality of comfort in a vehicle. Disadvantages
of active suspension are the use of energy in its operation.
the semi-active suspension is an alternative that can be used
to obtain a good level of comfort but has enough energy
consumption lower than the active suspension.
Research on semi-active suspension has a lot to do
with engineers and designers have found construction model
of semi-active suspension system who called Variable
stiffness and variable damping (VSVD). The uniquely of
VSVD system is ability to change the value of k equivalent (k
eq)of suspension by changing the damping coefficient.
Several studies have been conducted to prove that the
system suspense VSVD able to have a better performance
than passive suspense, but until now little has discussed how
the VSVD control suspense.
In this final-Project discuss how to design a control
system for a suspension VSVD using full state feedback control
and PID controller. The results of the simulation and modeling
show that the semi-active suspension VSVD have a better
performance than the passive suspension. it can be seen from
the simulation results on road conditions with the roughness of
4.9 x 10-6 and with a speed of 100 km/h semi-active suspension
system with controller VSVD has an RMS acceleration of
0.2046 m/s2 whereas RMS acceleration in passive suspension is
1.6 m / s2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.831 2 Nug s |
Uncontrolled Keywords: | Kenyamanan, suspensi semi-aktif VSVD, magnetorheological damper, PID controller, full state feedback |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 07:19 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 07:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76260 |
Actions (login required)
View Item |