Study Eksperimen Pengaruh Variasi Pegas Kopling Terhadap Gaya Dorong Dan Percepatan Pada Kendaraan Yamaha Vixion 150 Cc

Ramadhan, Reza Prakoso (2016) Study Eksperimen Pengaruh Variasi Pegas Kopling Terhadap Gaya Dorong Dan Percepatan Pada Kendaraan Yamaha Vixion 150 Cc. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 2110100153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
2110100153-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan dunia otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan berkapasitas besar . Para produsen berlomba – lomba untuk menciptakan kedaraan dengan performa dan akselerasi yang baik . Akselerasi dan performa yang baik salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kekakuan dari pegas kopling. Dengan banyaknya variasi dari pegas kopling yang dijual di pasaran dan memiliki nilai konstanta yang berbeda – beda mengindikasikan bahwa pemilihan pegas kopling yang sesuai dapat memperbaiki performa dari kendaraan standart. Dan ini yang mendasari terlaksananya tugas akhir kali ini.
Pada tugas akhir ini data yang ingin diperoleh adalah gaya dorong, percepatan. Untuk mendapatkan gaya dorong, perlu dilakukan dynotest langsung pada roda belakang dengan variasi beberapa pegas kopling yang nantinya akan didapatkan data berupa besarnya torsi roller dan kecepatan putaran engine. Percepatan dari variasi pegas kopling didapatkan dari gaya dorong dan juga adanya pengaruh dari gaya hambat angin dan gaya hambat roll pada kendaraan. Pada tugas akhir ini akan divariasikan pegas kopling dengan nilai konstanta 8,29 N/mm, 10,08 N/mm, 13,05 N/mm dan 14,46 N/mm.
Adapun hasil yang didapatkan bahwa pegas koling dengan nilai konstanta 13,05 N/mm menghasilkan nilai rata – rata gaya dorong terbesar mulai dari tingkat transmisi kedua hingga kelima. Sedangkan pegas denga nilai konstanta 14,46 N/mm unggul pada tingkat transmisi pertama. Sehingga pegas dengan nilai konstanta 13,05 N/mm merupakan pegas paling baik serta cocok digunakan untuk berkendara di jalan yang terdapat tanjakan maupun datar. Sedangkan untuk percepatan Pegas dengan nilai konstanta 14,46 N/mm unggul pada tingkat transmisi pertama dan pegas dengan nilai konstanta 13,05 N/mm mendominasi nilai rata – rata percepatan pada tingkat transmisi kedua hingga kelima. Pegas dengan nilai konstanta 13,05 N/mm cocok untuk digunakan menjadi pengganti pegas standart pada kendaraan karena tingkat akelerasi serta gaya dorong yang dihasilkan sangat optimal
============================================================================================
Nowadays, the development of automotive world especially motorcycles continue to be developed to get comfort in contol. Automotive manufacturers in particular two wheel ( motorcycle) has been producing a large capacity vehicles. The producers compete with one and another to create a vehicle with good accelaration performance. Acceleration and goo performance is influenced by the stiffness of the spring clutch. With so many variation of the clutch spring on the marjet and has a constant value that different on and another to indicate that selection of the appropriate clutch spring can improvr the performance of a standrat vehicle. And this is the underlying implementation of the final assigment.
In this final assigment data like to retrieve is the thrust, acceleration. To get the thrust, need to be done directly on an dynotest rear wheels with some variation of a spring clutch who obtained the data in the foem of the magnitude of torque and speed of the roller round engine. The acceleration of the variation of clutch spring thrust and also thre is the influenced of wind drag and drag on the vehicle. On this final assigment will be varied with clutch spring constants 8,29 N/mm, 10,08 N/mm, 13,05 N/mm dan 14,46 N/mm.
v
The results showed thet spring with a constants value 13,05 N/mm produce an averag value of thrust is the greatest starting from the second to fifth transmission. While the premises spring constant value 14,46 N/mm dominating on the first transmission rate. So the spring with a constant value of 13,05 N/mm is the best spring and suitable for driving on roads that are incline or flat. As the acceleration of spring wit a contant vlue of 14,46 N/mm dominating on the first transmission rate and spring with a contant value of 13,05 N/mm dominating an average value of speed on the second to fifth transmission. The conclusion is spring with a constant value of 13,05 N/mm suitable for use into a standart spring replacemnt on vehicle because the level of acceleration as well as the thrust of resulting highly optimized

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 621.825 Ram s
Uncontrolled Keywords: Transmisi manual , Pegas kopling
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL214.T87 Automobiles--Motors--Turbochargers
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 01 Jul 2020 05:37
Last Modified: 01 Jul 2020 05:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76270

Actions (login required)

View Item View Item