Suryaatmaja, Alan (2016) Analisa Sistem Pengereman CBS (Combi Brake System) Pada Motor Honda Beat 110 ESP CBS ISS Dengan Kondisi Jalan Datar Dan Menurun. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2110100006-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan teknologi yang semakin canggih membuat
banyak perusahaan terus melakukan inovasi salah satunya adalah
perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Setiap kendaraan
dilengkapi dengan sistem pengereman masing-masing.
Pengereman pada motor mempunyai fungsi memperlambat laju
motor hingga motor berhenti. Dalam proses perlambatan laju
motor dibutuhkan kestabilan, dimana salah satu upaya yang
dilakukan untuk meningkatkan kestabilan menggunakan sistem
pengereman CBS, yakni sistem pengereman menggunakan tuas
rem kiri dan kanan dihubungkan oleh kabel. Ketika tuas rem kiri
ditekan, rem kanan akan ikut bekerja. Hal ini menyebabkan
kendaraan menjadi lebih stabil saat dilakukan pengereman. Sistem
pengereman ini dapat digunakan untuk memperpendek jarak
pengereman dengan kontribusi kedua rem (rem depan dan
belakang) didalamnya.
Dalam tugas akhir ini dilakukan analisa sistem pengereman
antara rem depan dan belakang pada kendaraan Honda Beat 110
eSP CBS ISS dengan kondisi jalan menurun dan belok. Serta
dilakukan analisa jarak pengereman dan kestabilan arah dari
kendaraan tersebut. Analisa dilakukan dengan dua cara, secara
perhitungan (teoritis) dan percobaan (actual). perhitungan teoritis
disini adalah dibutuhkan oleh sistem, dimana seluruh elemen yang
digunakan dianggap dalam keadaan berfungsi secara baik dan
prima. Sedangkan yang dimaksud percobaan aktual adalah diberikan oleh sistem, dimana keadaan elemen yang digunakan
bisa saja tidak sama atau kurang sesuai dengan standarnya.
Variasi percobaan dilakukan berdasarkan tingkat kecepatan dan
keadaan jalan. Tingkat kecepatan yang digunakan dari kecepatan
10 km/h sampai dengan kecepatan 50 km/h dengan interval 10
km/h. sementara keadaan jalan datar, jalan menurun 9º dan jalanan
menurun dibelokan dengan radius belok 30,20 m.
Dari hasil yang didapat pada analisa distribusi pengereman
pada jalanan menurun dan datar nilai Kbr yang diberikan sistem
lebih kecil daripada yang dibutuhkan sistem maka kendaraan
akan cenderung oversteer (skid pada ban belakang). Sementara
pada analisa perbandingan jarak pengereman pada jalan
menurun dan datar menunjukkan bahwa jarak pengereman dengan
tuas rem kiri (CBS) lebih kecil dibandingkan jarak pengereman
dengan tuas rem kanan (cakram). Maka untuk mendapatkan Kbr
dan Kbf yang sesuai dengan kebutuhan sistem maka dilakukan
pengeriman dengan kedua tuas. Terakhir, pada analisa
perbandingan kestabilan arah kendaraan saat rem pada jalanan
menurun dan datar dibelokan fungsi kecepatan dan kondisi jalan
didapatkan hasil yang hampir sama antara teoritis dan aktual,
bahwa kendaraan akan mengalami skid belakang pada
kecepatan 30 km/jam dan diatasnya.
==================================================================================================================
The increasing of sophisticated technology makes many
companies that have been engaged with technology are doing more
innovation. One of those companies is a company that has been
engaged in the automotive field. Each vehicle is equipped with a
braking system respectively. Braking system on a motor has the
function of slowing the pace of the motor until the motor stops. In
the process of slowing down the pace, a motor needed a stability,
where one of the efforts being made to improve the stability using
CBS braking system, the braking system uses brake lever left and
right both are connected by wires. When the left brake lever is
pressed, the brake will be working right. This causes the vehicle to
be more stable when does a brake. This braking system may be
used to shorten braking distances, contributing both brakes (front
and rear brakes) inside.
In this thesis, the researcher will be analyzed the braking
system between the front and rear brakes on the vehicle Honda
Beat 110 ESP CBS ISS on a road which has a declining conditions
and sharp bends. As well as to analyze the braking distance and
direction of the vehicle stability. The analysis was done in two
ways, by the calculation (theoretical) and experimental (actual).
The theoretical calculation here is required by the system, in which
all elements are used and considered in a state of well functioning
and vibrant. While the definition of an actual experiment is given by the system, where the state of the elements that is used could
not be equal or less in accordance with the standard. Variations
experiments were conducted based on the level of speed and road
conditions. A high rate of use of a speed of 10 km / h up to speeds
of 50 km / h with an interval of 10 km / h. while the state of the
flat, downhill road and street 9º is being deflected and decreased
by 30.20 m turning radius.
From the results that will be obtained in the analysis of the
distribution of braking system on the road with declining
conditions and straight flat. The Kbr value has given a smaller
system than the system needs. So that the vehicle will tend to
oversteer (rear tire skid on). While the analysis of comparable
braking distances on downhill and flat road shows that the braking
distance with the left brake lever (CBS) is smaller than the distance
braking with brake lever right (disc). So to get Kbr and KBF that
suits our need. We need to do two levers braking system. Finally,
on a comparative analysis of the stability of the direction of the
vehicle when the brakes on the road in declining and straight flat
conditions is being deflected. The function of the speed and road
conditions obtained similar results between theoretical and actual,
that the vehicle will experience a skid behind at a speed of 30 km /
h and above.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.246 Sur a |
Uncontrolled Keywords: | ESP CBS ISS, Jarak pengereman, Stabilitas kendaraan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ669.B7 Locomotive brakes |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 03:38 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 03:38 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76280 |
Actions (login required)
View Item |