Andriansyah, Deva (2016) Analisis Pengaruh Parameter Operasional Dan Penggunaan Stabilizer Terhadap Perilaku Arah Belok Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4X4). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2112100037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada era gobalisasi seperti saat ini penggunaan mobil
penumpang di Indonesia menjadi semakin meningkat. Hal itulah
yang menyebabkan semakin bertambahnya jumlah permintaan
pasar akan mobil penumpang di Indonesia. Salah satu tipe mobil
yang digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu Toyota Fortuner.
Toyota Fortuner merupakan model mobil SUV (sport utility
vehicle) dengan harga jual yang relatif tinggi. Dalam
pengoperasiannya, mobil SUV ini harus mampu memberikan
keamanan dan kenyamanan yang tinggi agar tidak
membahayakan pengendara. Salah satu faktor penunjang dari segi
keamanannya ialah perilaku arah belok kendaraan. Oleh sebab itu,
dengan harga jual yang tinggi tersebut diharapkan mobil ini dapat
memberikan perilaku arah belok yang baik dalam penggunannya.
Terdapat dua tahapan dalam tugas akhir ini yaitu tahap
analisis dan uji jalan. Pada tahap analisis dilakukan beberapa
perhitungan berdasarkan analisa slip, skid, dan guling untuk
mengetahui perilaku arah belok mobil Toyota Fortuner dengan
beberapa variasi terhadap parameter operasionalnya antara lain:
jumlah penumpang, kecepatan, sudut belok, kondisi permukaan
jalan, dan tekanan ban. Selain itu, analisis pengaruh penggunaaan
stabilizer terhadap perilaku arah belok mobil juga dilakukan.
Pada tahap uji jalan dilakukan dengan motode radius belok tetap sebesar 10 m untuk mendapatkan nilai koefisien understeer (KUS)
dari mobil tersebut. Uji jalan akan dilakukan pada jalan aspal dan
tanah masing-masing sebanyak dua kali dengan kondisi mobil
tanpa menggunakan stabilizer dan menggunakan stabilizer pada
bagian depan. Dimana hasil yang didapatkan dari uji jalan akan
dibandingkan dengan hasil dari analisis perhitungan.
Hasil penelitian pada tugas akhir ini adalah mobil Toyota
Fortuner mengalami kondisi belok yang paling baik ketika dinaiki
oleh 2 orang penumpang dengan tekanan udara ban sebesar 35 Psi
dan melintas pada jalan aspal karena kendaraan lebih sedikit
mengalami kondisi oversteer dan memiliki nilai koefisien
understeer yang bernilai positif paling kecil serta tidak mudah
mengalami skid. Pada kondisi demikian, kendaraan akan mulai
mengalami skid dengan sudut belok 7,81° pada kecepatan
47,6155 km/jam, dengan sudut belok sebesar 15,62° pada
kecepatan 33,4229 km/jam, dengan sudut belok 23,44° pada
kecepatan 27,1701 km/jam, dan dengan sudut belok 31,25° pada
kecepatan 23,5037 km/jam. Penggunaan stabilizer pada mobil
Toyota Fortuner tidak memunyai pengaruh yang signifikan
terhadap perilaku arah beloknya karena nilai KUS yang dihasilkan
tidak jauh berbeda pada hasil uji jalan yakni sebesar 1,8045 dan
1,8115 pada jalan aspal serta 2,151 dan 2,1641 pada jalan tanah.
Pada mobil Toyota Fortuner ini penggunaan stabilizer sangat
bermanfaat untuk memperkecil sudut guling ketika berbelok.
==================================================================================================================
In this globalization era the use of public transportation in
Indonesia has been increased. Thus, the public's demand of car is
also increased. One of Indonesian's favorite car is Toyota
Fortuner. Toyota Fortuner is a kind of SUV (sport utility vehicle)
with a high selling price. In its operational time, this SUV car
must give high protection in order to guarantee the safety of the
passenger. One of the factor that influence the safety of the car is
the turning direction of the car. In that case, with an expensive
price, it is expected that this car will give a good protection to the
passenger.
There were two steps in this research; analysis and the test
drive. For the analyze phase, researcher did several counting
based on the slip, skid, and rolling analysis to determine the
behavior of the car's turning direction with several variation of
operational parameters; the number of passenger, speed, turning
angle, road condition and also air pressure of tire. Moreover, the
analysis of the use of stabilizer to the car's turning direction is
also needed to be done. For the driving test phase, the constant
turning radius method used at the number of radius 10m in order
to gain coeficient understeer (KUS) of that car. The driving test
was done twice in the asphalt road and in the soil road. The first
test without using stabilizer and the second time using stabilizer in front part of the car. Furthermore, the result of the test drive
will be compared with the counting analysis.
The result of this research is that Toyota Fortuner
experienced the best turning condition when there were two
passengers inside the car, with pressure number of tire 35 Psi and
passed by the asphalt road because the vehicle was less
experiencing oversteer condition and has small value of
understeer index and also did not easily experiencing skid. In that
condition, the car will be experiencing skid on 7,81° turning angle
in the speed of 47,6155 km/hours, 15,62° turning at 33,4229
km/hours, turning angle 3,44° at 27,1701 km/hours, and the
turning angle 31,25°at 23,5037 km/hours. Moreover, the use of
stabilizer in Toyota Fortuner did not have any significant roles to
the turning direction of the car because of the value of the KUS is
not different from the result of driving test which is 1,8045 and
1,8115 in the asphalt road and also 2,151 and 2,1641 in the soil
road. In conclusion, the use of stabilizer in this car is really
usefull for decreasing the rolling angle when the car is turning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.23 And a |
Uncontrolled Keywords: | Stabilizer, Slip, Skid, Understeer, Oversteer, KUS |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 04:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 04:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76284 |
Actions (login required)
View Item |