Analisis Pengaruh Parameter Operasional Dan Penggunaan Stabilizer Terhadap Perilaku Arah Belok Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4X4)

Andriansyah, Deva (2016) Analisis Pengaruh Parameter Operasional Dan Penggunaan Stabilizer Terhadap Perilaku Arah Belok Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4X4). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2112100037-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era gobalisasi seperti saat ini penggunaan mobil penumpang di Indonesia menjadi semakin meningkat. Hal itulah yang menyebabkan semakin bertambahnya jumlah permintaan pasar akan mobil penumpang di Indonesia. Salah satu tipe mobil yang digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu Toyota Fortuner. Toyota Fortuner merupakan model mobil SUV (sport utility vehicle) dengan harga jual yang relatif tinggi. Dalam pengoperasiannya, mobil SUV ini harus mampu memberikan keamanan dan kenyamanan yang tinggi agar tidak membahayakan pengendara. Salah satu faktor penunjang dari segi keamanannya ialah perilaku arah belok kendaraan. Oleh sebab itu, dengan harga jual yang tinggi tersebut diharapkan mobil ini dapat memberikan perilaku arah belok yang baik dalam penggunannya. Terdapat dua tahapan dalam tugas akhir ini yaitu tahap analisis dan uji jalan. Pada tahap analisis dilakukan beberapa perhitungan berdasarkan analisa slip, skid, dan guling untuk mengetahui perilaku arah belok mobil Toyota Fortuner dengan beberapa variasi terhadap parameter operasionalnya antara lain: jumlah penumpang, kecepatan, sudut belok, kondisi permukaan jalan, dan tekanan ban. Selain itu, analisis pengaruh penggunaaan stabilizer terhadap perilaku arah belok mobil juga dilakukan. Pada tahap uji jalan dilakukan dengan motode radius belok tetap sebesar 10 m untuk mendapatkan nilai koefisien understeer (KUS) dari mobil tersebut. Uji jalan akan dilakukan pada jalan aspal dan tanah masing-masing sebanyak dua kali dengan kondisi mobil tanpa menggunakan stabilizer dan menggunakan stabilizer pada bagian depan. Dimana hasil yang didapatkan dari uji jalan akan dibandingkan dengan hasil dari analisis perhitungan. Hasil penelitian pada tugas akhir ini adalah mobil Toyota Fortuner mengalami kondisi belok yang paling baik ketika dinaiki oleh 2 orang penumpang dengan tekanan udara ban sebesar 35 Psi dan melintas pada jalan aspal karena kendaraan lebih sedikit mengalami kondisi oversteer dan memiliki nilai koefisien understeer yang bernilai positif paling kecil serta tidak mudah mengalami skid. Pada kondisi demikian, kendaraan akan mulai mengalami skid dengan sudut belok 7,81° pada kecepatan 47,6155 km/jam, dengan sudut belok sebesar 15,62° pada kecepatan 33,4229 km/jam, dengan sudut belok 23,44° pada kecepatan 27,1701 km/jam, dan dengan sudut belok 31,25° pada kecepatan 23,5037 km/jam. Penggunaan stabilizer pada mobil Toyota Fortuner tidak memunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku arah beloknya karena nilai KUS yang dihasilkan tidak jauh berbeda pada hasil uji jalan yakni sebesar 1,8045 dan 1,8115 pada jalan aspal serta 2,151 dan 2,1641 pada jalan tanah. Pada mobil Toyota Fortuner ini penggunaan stabilizer sangat bermanfaat untuk memperkecil sudut guling ketika berbelok. ================================================================================================================== In this globalization era the use of public transportation in Indonesia has been increased. Thus, the public's demand of car is also increased. One of Indonesian's favorite car is Toyota Fortuner. Toyota Fortuner is a kind of SUV (sport utility vehicle) with a high selling price. In its operational time, this SUV car must give high protection in order to guarantee the safety of the passenger. One of the factor that influence the safety of the car is the turning direction of the car. In that case, with an expensive price, it is expected that this car will give a good protection to the passenger. There were two steps in this research; analysis and the test drive. For the analyze phase, researcher did several counting based on the slip, skid, and rolling analysis to determine the behavior of the car's turning direction with several variation of operational parameters; the number of passenger, speed, turning angle, road condition and also air pressure of tire. Moreover, the analysis of the use of stabilizer to the car's turning direction is also needed to be done. For the driving test phase, the constant turning radius method used at the number of radius 10m in order to gain coeficient understeer (KUS) of that car. The driving test was done twice in the asphalt road and in the soil road. The first test without using stabilizer and the second time using stabilizer in front part of the car. Furthermore, the result of the test drive will be compared with the counting analysis. The result of this research is that Toyota Fortuner experienced the best turning condition when there were two passengers inside the car, with pressure number of tire 35 Psi and passed by the asphalt road because the vehicle was less experiencing oversteer condition and has small value of understeer index and also did not easily experiencing skid. In that condition, the car will be experiencing skid on 7,81° turning angle in the speed of 47,6155 km/hours, 15,62° turning at 33,4229 km/hours, turning angle 3,44° at 27,1701 km/hours, and the turning angle 31,25°at 23,5037 km/hours. Moreover, the use of stabilizer in Toyota Fortuner did not have any significant roles to the turning direction of the car because of the value of the KUS is not different from the result of driving test which is 1,8045 and 1,8115 in the asphalt road and also 2,151 and 2,1641 in the soil road. In conclusion, the use of stabilizer in this car is really usefull for decreasing the rolling angle when the car is turning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.23 And a
Uncontrolled Keywords: Stabilizer, Slip, Skid, Understeer, Oversteer, KUS
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 02 Jul 2020 04:31
Last Modified: 02 Jul 2020 04:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76284

Actions (login required)

View Item View Item