Analisa Pengaruh Variasi Sudut Y-Piece Terhadap Aliran Pada Pump Header Di Plant

Ningtyas, Arista Putri Chory (2016) Analisa Pengaruh Variasi Sudut Y-Piece Terhadap Aliran Pada Pump Header Di Plant. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100086-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100086-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada area pump header TLS, kedua output fluida dari
kedua pompa akan melalui T-Joint kemudian aliran akan terpusat
pada pipa utama. T-Joint dapat menyebabkan penurunan kecepatan
karena adanya turbulensi pertemuan antara kedua sisi arah aliran.
Penurunan nilai kecepatan seringkali dikaitkan dengan Losses yang
terjadi karena aliran mengalami perubahan arah dengan sudut yang
tajam.Salah satu metode yang digunakan untuk meminimalisir
terjadinya penurunan nilai kecepatan adalah memvariasikan sudut
pada T-Joint dengan cara permodelan aliran menggunakan Ansys-
CFX untuk mengetahui nilai kecepatan , minor losses dan pressure
drop. Variasi sudut T-Joint yang dipakai adalah sudut 90° , 75° ,
60° , 45° , 30°. Untuk mendukung keakuratan hasil permodelan ,
maka dapat dilakukan perhitungan terhadap nilai kecepatan , minor
losses dan pressure drop dengan menggunakan formulasi yang
diperkenalkan oleh Favre (1937). Dari kedua metode yang telah
dilakukan , baik dari sisi permodelan maupun sisi perhitungan
dapat menampilkan kenaikan angka kecepatan dan minor losses
pada kecepatan di titik selepas percabangan T-Joint , sedangkan
angka pressure drop mengalami penurunan
=============================================================================================
At the pump area of TLS header, both of output from both
of pumps will flow through T-joint, then it will be concentrated on
the main pipe. T-joint can cause a decrease in speed because of
turbulence encounter between the two sides of the flow direction.
The decline in the value of speed is often associated with Losses
which occur due to the flow changes direction at an acute angle.
One of the methods used to minimize the impairment rate is to vary
the angle of the T-Joint by way of flow modeling using ANSYS-CFX
to determine the value of the speed, minor losses and pressure
drop. T-Joint angle variation used is an angle of 90°, 75°, 60°, 45°,
30°. To support the accuracy of the modeling results, it can be
calculated on the value of speed, minor losses and pressure drop
by using the formula which introduced by Favre (1937). From two
methods that have been made, both in terms of modeling and
calculating side can show an increasing of speed and minor losses
of speed at the point after T-Joint branches, while the value of
pressure drop will be decreased

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 620.106 4 Nin a
Uncontrolled Keywords: Computational Fluid Dynamic , filling shed , kecepatan , minor losses , Pump Header , pressure drop , TLS , TJoint
Subjects: Q Science > QC Physics > QC151 Fluid dynamics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ903 Pumping machinery.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:12
Last Modified: 10 Jul 2020 02:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76347

Actions (login required)

View Item View Item