Rancang Bangun Dan Uji Efisiensi Transmisi Sepeda Chainless Tipe Crossed Helical Gear

Sulistiyan, Ario Kartiko (2016) Rancang Bangun Dan Uji Efisiensi Transmisi Sepeda Chainless Tipe Crossed Helical Gear. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[img]
Preview
Text
2111100114-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bersepeda sekarang tidak hanya menjadi hobi, tetapi sudah merupakan gaya hidup bagi sebagian masyarakat, apalagi sekarang ada istilah bike to work, pengertian bike to work saat ini adalah bersepeda untuk berbagai aktifitas. Kata work bukan berarti kerja saja, tetapi aktifitas lainnya yang memungkinkan dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda. Berbagai jenis dan model dikeluarkan oleh setiap pabrikan masing-masing, pada umumnya sepeda saat ini menggunakan rantai sebagai pemindah daya yang disalurkan dari kayuhan pengendara ke roda belakang sehingga sepeda tersebut dapat bergerak. Selain itu juga ada sepeda tanpa rantai atau chainless bike yang diperkenalkan pada sekitar satu abad yang lalu. Sepeda rantai mempunyai kelemahan dibanding sepeda chainless diantaranya sering terjadi selip pada rantai dan sproket, rantai putus, rantai membutuhkan perawatan dan pelumasan, pelumas dari rantai sering mengkotori pengendara, pakaian atau bagian tubuh pengendara sering terjepit pada rantai dan sproket. Sepeda yang akan dirancang, dibuat, serta di uji adalah sepeda Polygon Sierra standar dan sepeda Chainless Polygon Sierra yang dimodifikasi dengan menggunakan crossed helical gear pada bagian bracket pedal dan hub Shimano Nexus-3 yang dihubungkan dengan poros sehingga putaran pedal dapat tersambung ke roda belakang. Pengujian dilakukan dengan memberikan putaran pada poros bracket pedal dengan motor listrik sehingga roda belakang ikut berputar, putaran roda belakang memutar roller pengujian yang terhubung dengan generator yang dibebani dengan sebuah lampu 6V. Hasil dari perancangan didapat geometri crossed helical gear yang dibuat dengan spesifikasi rasio transmisi 1 : 1, dengan rasio sepasang gear yaitu 1 : 2 dengan jumlah gigi gear 38 gigi dan pinion 19 gigi, diameter poros 0,67 in panjang poros 19in dan alat pengujian untuk mengukur nilai efisiensi sistim transmisi sepeda. Dari hasil pengujian didapatkan nilai efisiensi tertinggi pada sepeda rantai posisi gear ke-1 yaitu 73,3 % pada putaran poros pedal 55 Rpm, kemudian sepeda chainless posisi gear ke-2 yaitu 61,3 % pada putaran poros pedal 55 Rpm, dan sepeda chainless posisi gear ke-3 yaitu 58,5 % pada putaran poros pedal 55 Rpm ============================================================================================== Cycling now is not just a hobby, but it is already a lifestyle for some people, now especially there is a term “bike to work”, the mean of bike to work are cycling for a variety of activities. The word of “work” does not mean work only, but the other activities that allow it can be reached by using the bike. There are many various types and models released by each manufacturer, generally the bike using chain as the power transmitted from the riders pedal to the rear wheels, so the bike can move. There are also bicycles without chain, called chainless bike was introduced about a century ago. Chain bike has more disadvantages than chainless bike, there are chain often slippage on sprockets, chain broken, chains require more maintenance and lubrication, oil for lubrication of chain often dirt the rider, the rider’s clothes or body are often bite by chain and sprocket. The bike will be designed, built, and experiment are Polygon Sierra Standard bike and Chainless Polygon Sierra Bike are modified by use crossed helical gear on the bottom bracket pedal and rear hub Shimano Nexus-3 that connected with shaft so the rotation of pedal can be transmitted to the rear wheels. The experiment methods giving rotation by electric motor to the bracket bottom so the rear wheel are rotated, the rotation of rear wheel spinning the roller testing and connected with generator that saddled with a lamp 6 Volt. The result of the design of crossed helical gear geometries made with spesification of the transmission ratio 1:1, with a pair of crossed helical gear ratio 1:2, number of teeth pinion and gear are 19 and 38 teeth, shaft diameter 0,67 in, length of shaft 19 in and testing tool to measure the value of efficiency of transmission system of bike. From the experiments result, the highest efficiency rating on a chain bike with 1st gear position are 73,3% at 55 Rpm of pedal rotation, then chainless bike with 2st gear position are 61,3 % at 55 Rpm, and then chainless bike with 3rd gear position are 58,5 % at 55 Rpm of pedal rotaion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.227 2 Sul r-1
Uncontrolled Keywords: Chainless, crossed helical gear gear, efisiensi, Rpm
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5736 Bicycle transportation
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 13 Jul 2020 05:47
Last Modified: 13 Jul 2020 05:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76359

Actions (login required)

View Item View Item