Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Buy Online Pick-up in Store yang diimplementasikan Fore Coffee dengan Metode Structural Equation Modeling

Fatika, Herninta Lagoon (2020) Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Buy Online Pick-up in Store yang diimplementasikan Fore Coffee dengan Metode Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211640000071-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211640000071-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Konteks: Berkembangnya bisnis retail online yang ada saat ini menyebabkan beberapa retailer memberikan pengenalan lebih luas penggunaan buy-online pickup in-store (BOPS). BOPS merupakan istilah membeli produk secara online dan mengambil offline di toko. Adanya metode ini memberikan kemudahan untuk konsumen dalam memilih opsi produk yang telah dibeli lewat online.
Permasalahan: Perusahaan fore coffee menghadirkan aplikasi baru dengan BOPS untuk menghindari adanya risiko dan keraguan saat berbelanja daring. Perusahaan fore.coffee tersebut harus mengambil langkah yang tepat untuk dapat membuat konsumen menggunakan layanan BOPS pada perusahaan mereka. Oleh karena itu, perlu mengidentifikasi aspek apa saja yang dapat memberikan pengaruh untuk mendorong intensi penggunaan BOPS.
Tujuan: Mengidentfikasi hubungan struktural model terkait faktor-faktor yang memengaruhi intensitas penggunaan layanan BOPS dengan menganalisis faktor yang memengaruhinya dan memberikan rekomendasi pengembangan faktor yang berpengaruh secara signifikan pada intensintas pengguna terhadap penggunaan BOPS sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan intensitas pengguna.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan model DOI (Difussion Innovation Theory) yang ditambahkan variabel moderasi berupa Location Convenience dan Product Involvement sebagai variabel yang memengaruhinya yang menjadi landasan pembuatan 12 hipotesis berdasarkan artikel yang ditelaah.
Hasil: Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini mengidentifikasi hubungan struktural dari aspek keuntungan, kompleksitas, kompatibilitas, risiko dari berbelanja online, kenyamanan lokasi, dan keterlibatan produk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari 12 hipotesis yang ada, yang berpengaruh secara signifikan ada 6, yaitu aplikasi Fore Coffee berperan penting dalam layanan BOPS dimana meningkatkan keuntungan pengguna, kemudahan pelanggan, terhindarnya risiko yang ditimbulkan saat berbelanja secara daring, yang dipengaruhi dari sisi kenyamanan lokasi dan keterlibatan produk. Sedangkan, terdapat hipotesis yang ditolak yaitu kompatibilitas, yang dipengaruhi kenyamanan lokasi dan keterlibatan produk karena layanan BOPS masih baru dan belum menjadi gaya hidup berbelanja yang utama di Indonesia. Serta, diberikan rekomendasi untuk meningkatkan faktor yang memiliki pengaruh yang signifikan yang dapat memengaruhi intensi penggunaan layanan BOPS berupa sikap yang dirasakan, evaluasi belanja, dan motivasi pembeli.
Nilai tambah: Penggunaan AMOS memiliki keterbaruan yang tidak digunakan sebelumnya yaitu apabila dengan SPSS hasil ketepatan model penelitian belum mencapai 80% dengan AMOS dapat menguji model penelitian dengan signifikansi sebesar lebih dari 80%. Nilai tambah lainnya, penelitian ini juga menghasilkan rekomendasi pada perusahaan terkait berupa saran tindakan pengembangan model intensi penggunaan layanan BOPS yang digunakan dalam penelitian ini.
==================================================================================================================
Context: Development of the existing online retail business has led to some retailers providing a broader introduction to the use of Buy Online Pick-up in Store (BOPS). BOPS is a term of buying products online and taking offline stores. The existence of this method makes it easy for consumers to choose products that have been purchased online.
Problem: Fore Coffee company presents a new application with BOPS to avoid the risks and doubts when shopping online. Fore Coffee company must take the right steps to get consumers to use the BOPS service at their company. Therefore, it is necessary to identify what aspects can influence to encourage the intention to use BOPS.
Objective: To identify the structural relationship of the model with regard to the factors that influence the intensity of BOPS service use by analyzing the factors that influence it and provide recommendations for the development of factors that significantly influence user intensity on using BOPS as an effort to increase user intensity.
Method: The research method used is Structural Equation Modeling (SEM) using the DOI (Difussion Innovation Theory) model which is added by moderation variables in the form of Location Convenience and Product Involvement as variables that influence it which is the basis for making 12 hypotheses based on the articles examined.
Results: The results obtained in this study identify structural relationships in terms of profitability, complexity, compatibility, risks from online shopping, location convenience, and product involvement. Based on research conducted from 12 existing hypotheses, there are 6 significant influences, namely the Fore Coffee application plays an important role in BOPS services which increases user benefits, customer convenience, avoidance of the risks posed when shopping online, which is influenced in terms of location convenience and product involvement. Meanwhile, there is a hypothesis which is rejected, that is compatibility, which is influenced by the convenience of location and product involvement because BOPS services are still new and have not become the main shopping lifestyle in Indonesia. Also, recommendations are given to improve factors that have a significant influence that can affect the intention to use BOPS services in the form of perceived attitude, shopping evaluation, and buyer motivation.
Value Added: The use of AMOS has a renewal that was not used before, that is, with SPSS the accuracy of the research model has not reached 80% with AMOS able to test the research model with a significance of more than 80%. Another added value, this study also produced recommendations to related companies to develop an intention to use BOPS service model used in this study.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 003.85 Fat a-1 • Fatika, Herninta Lagoon
Uncontrolled Keywords: User Intention, Buy Online Pickup In Store (BOPS), Structural Equation Modeling (SEM), The Diffusion of Innovation Theory (DOI theory), Intensi Pengguna, Buy Online Pickup In Store (BOPS), Structural Equation Modelling (SEM), Difussion Innovation Theory (DOI Theory)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Herninta Lagoon Fatika
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:09
Last Modified: 22 May 2023 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76459

Actions (login required)

View Item View Item