Studi Eksperimental Pengaruh Pertumbuhan Biofouling Pada Lambung Kapal Terhadap Skin Friction Drag

Yusim, Adi Kurniawan (2016) Studi Eksperimental Pengaruh Pertumbuhan Biofouling Pada Lambung Kapal Terhadap Skin Friction Drag. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4114203004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Biofouling yang menempel pada lambung kapal merupakan permasalahan yang muncul ketika kapal mulai beroperasi. Penempelan ini akan menimbulkan kekasaran dan menambah tebal pada permukaan kapal yang tercelup dalam air laut. Perubahan aliran laminer ke turbulen menjadi cepat ketika melewati permukaan kapal yang kasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hambatan kapal melalui eksperimen di Towing Tank akibat dari kekasaran oleh biofouling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian model fisik dengan skala 1 : 53,027. Pemodelan kekasaran akibat biofouling ini menggunakan pasir dengan ukuran tertentu dan sudah diskalakan. Dua kondisi kekasaran pada lambung model yaitu regular roughness dan irregular roughness. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa pertumbuhan biofouling selama kapal beroperasi dalam 1 tahun menimbulkan faktor kekasaran ΔCF (roughness allowance) sebesar 41,20 %. Hambatan total dari kapal yang telah beroperasi selama 1 tahun mengalami kenaikan sebesar 36,65 % untuk kapal dengan biofuling merata pada luas permukaan basah dan 47,11 % untuk kapal dengan pertumbuhan biofouling yang tidak merata pada luas permukaan basah. ====================================================================================================== iofouling attached to underwater ship hull has caused problems for many years to ship operators. It has been reported to increase the total drag thus can reduce the speed of ship and disturb the overall operation of marine vehicles. Changes laminar to turbulent flow becomes fast when passing through rough ships surface. The current study models the growth of marine fouling for one year periods basis on general cargo vessel. The methods have been used in this studied was model scale 1 : 53.027. The use of smooth model is also included in order to analysis the difference between the two conditions. Two models of the hull roughness are regular and irregular roughness. The modeling of roughness using sand with a specific size and have been scaled. The results show that the roughness allowance due to marine fouling is rather critical and estimated about 41.20 % per year. And the total resistance vessels increased to 41.88%. The total resistance vessels increased to 36.65 % per year for biofouling spread evenly at wetted surface area (WSA) and 47.11 % per year for biofouling spread not evenly at WSA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 623.822 Adi s 3100016067749
Uncontrolled Keywords: Towing tank, Biofouling, Pasir, Hambatan kapal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > (S2) Master Theses
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 24 Jul 2020 06:39
Last Modified: 24 Jul 2020 06:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/76498

Actions (login required)

View Item View Item