Salsabilla, Ganendra Afrasya (2020) Rancang Bangun Tachyon: Multi-Platform Horizontal Scrolling Rhythm Game Berbasis osu!framework dan BASS Audio Library Sebagai Audio Decoder. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05111640000071-Undergraduate_Thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rhythm game merupakan genre game dengan jumlah peminat yang tidak sedikit. Banyak sekali jenis rhythm game yang berada dikomunitas, mulai dari game arcade hingga game mobile. Setiap rhythm game memiliki konsep mekanik dasar yang sama, yaitu mengharuskan pemain untuk melakukan aksi disaat yang tepat mengikuti ketukan lagu atau musik yang sedang dimainkan. Aksi-aksi tersebut bisa berbeda disetiap game tergantung pada mekanik lain dari game tersebut, seperti pada game arcade lebih banyak mengharuskan pemain untuk menekan tombol yang ada pada mesin sedangkan pada game mobile pemain diharuskan untuk menyentuh atau menekan layar pada posisi dan waktu yang pas.
Pada umumnya rhythm game berjalan pada satu sistem saja, karena mempermudah dalam mengatur mekanik pada game tersebut. Selain itu rhythm game juga memerlukan orang untuk membuat note-note pada lagu (biasa disebut beatmapper, note mapper, charter, dsb). Hal itu membuat pemain tidak bisa dengan bebas memilih musik yang ingin dimainkan karena hanya terbatas pada musik yang sudah ada.
Ide yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah membangun horizontal scrolling rhythm game yang bisa dijalankan pada platform desktop (Windows, Linux Debian based, macOS) dan juga mobile (Android dan iOS). Permainan ini menggunakan keyboard dan touch sebagai sumber masukan dalam melakukan interaksi. Permainan ini dibangun menggunakan osu!framework dan BASS Audio Library. Tujuan dari permainan ini adalah sama seperti rhythm game pada umumnya, yaitu berusaha untuk menyelesaikan musik/lagu dengan skor setinggi-tingginya.
Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah sebuah rhythm game yang bisa dijalankan pada platform desktop dan mobile sebagai proof-of-concept dari segi multi-platform dan rhythm game yang bisa menghasilkan beatmap secara otomatis sebagai proof-of-concept dari auto beatmap generation. Hasil uji coba dari tugas akhir ini adalah tingkat keberhasilan dari segi aksesibilitas dan kenyamanan selama bermain, serta tingkat ketepatan dan konsistensi dari beatmap yang di-generate secara otomatis.
========================================================= =========================================================
Rhythm game is a game genre with lot of enthusiast out there. There are many types or subgenre of rhythm game out there, ranging from arcade games to mobile games. Every rhythm game has same basic game mechanic concept, which requires players to do some action to the beat of songs or music that played. These actions can be different in each game, depending on their other mechanics, for example in arcade games require s player to press the buttons on the arcade machine while in mobile games player are required to touch or press the screen at right position and time.
In general, rhythm games run on specific system and environment since it makes easier to create the game mechanics. Besides, rhythm games also require people to make notes for the song (commonly known as beatmapper, note mapper, charter, etc.). This make players unable to freely choose the music they want to play because it limited to current existing music on that game.
The idea used in this final project is to create a horizontal scrolling rhythm game that can run on both desktop platforms (Windows, Debian based Linux, and macOS) and mobile platforms (Android and iOS). This game uses keyboard and touch as game input. This game is built using osu!framework and BASS Audio Library. Goal of this game is the same as other rhythm games in general, which is trying to complete the music/song with the highest score as possible.
The result of this final project is a rhythm game that can be run on desktop and mobile platforms as proof-of-concept of multi-platform game, and rhythm game that can generate beatmap automatically as proof-of-concept of the auto beatmap generation. The result of this testing are level of success in terms of accessibility and comfortability during play, as well as the level of accuracy and consistency of the beatmap that is generated automatically.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BASS, beatmap, horizontal scrolling, osu!framework, otomatis, rhythm game. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ganendra Afrasya Salsabilla |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 08:34 |
Last Modified: | 15 May 2023 09:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/76755 |
Actions (login required)
View Item |